Himpunan Astronomi Amatir Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) adalah sebuah organisasi tempat berkumpulnya masyarakat pencinta astronomi di Jakarta, Indonesia. HAAJ terbentuk pada tanggal 21 April 1984 di Jakarta. Kegiatan HAAJ berupa pertemuan rutin dwi mingguan pada hari Sabtu sore sampai malam, pengamatan bintang (star party), kunjungan ke Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung, pameran, lomba, Astro Party dan lain-lain. Sekretariat HAAJ berada di Planetarium Jakarta. Anggota HAAJ berasal dari berbagai tingkatan usia, latar belakang pendidikan dan profesi. Jumlah yang terbanyak adalah pelajar/mahasiswa. Akhir-akhir ini malah keberadaan anggota yang karyawan semakin banyak.

Keberadaan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta mengilhami pembentukan klub-klub astronomi amatir lainnya di beberapa kota di Indonesia. Klub Astro (Kastro) didirikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di suatu sekolah menengah atas di Bogor. Di Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar, telah dibentuk Jogja Astro Club (JAC) untuk memfasilitasi masyarakat pecinta astronomi. Tidak ketinggalan turut menyebarkan luaskan ilmu astronomi ke masyarakat, Surabaya Astronomy Club (SAC) juga sudah didirikan.

Dengan semakin bertambahnya jumlah klub klub astronomi amatir di berbagai daerah, diharapkan perkembangan pendidikan khususnya astronomi di Indonesia dapat lebih meningkat. Pengamatan dan penelitian objek-objek langit dapat lebih dioptimalkan dengan kerja sama antara klub-klub tersebut. Seperti diketahui, fenomena astronomi sulit diamati bila hanya mengandalkan pengamatan di satu tempat di permukaan bumi. Misalnya pengamatan gerhana bulan dan matahari yang hanya bisa dilakukan di tempat tempat tertentu di permukaan bumi.

Dengan makin bertambahnya jumlah anggota dan beragamnya kegiatan, serta makin berkembangnya organisasi keastronomian di berbagai daerah, HAAJ mulai merambah ke dunia maya. Pada hari Rabu, 1 Maret 2000, dimulailah kegiatan penyebaran informasi kegiatan keastronomian lewat milis HAAJ. Disusul pula dengan situs dan blog HAAJ serta grup di Facebook.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]