Hilangnya Katrice Lee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Katrice Lee
Lahir(1979-11-28)28 November 1979
Rinteln, Jerman Barat
Menghilang28 November 1981 (pada umur 2 tahun)
StatusHilang selama 42 tahun, 119 hari
KebangsaanInggris
Dikenal atasKorban penculikan

Katrice Lee adalah seorang anak perempuan berkewarganegaraan Inggris yang diculik di Paderborn, Jerman Barat (sekarang Jerman) pada tanggal 28 November 1981.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Katrice Lee lahir pada 28 November 1979, di rumah Sakit Militer Inggris di Rinteln, Jerman Barat. Ayahnya, Richard Lee, adalah seorang sersan di 15th/19th The King's Royal Hussars Tentara Inggris yang ditempatkan di Jerman Barat, bersama dengan ibunya, Sharon, dan kakaknya, Natasha, yang tinggal di Hotel Neuhaus di Paderborn.

Hilangnya Katrice[sunting | sunting sumber]

Pada 28 November 1981, pada hari ulang tahun ke-2 Katrice, keluarganya memutuskan untuk pergi ke tempat kompleks perbelanjaan NAAFI di Hotel Neuhaus untuk membeli barang-barang untuk pesta ulang tahunnya.[1][2] Kakak Katrice, Natasha, memutuskan bahwa dia tidak ingin pergi berbelanja, sedangkan bibinya, Wendy, dan pamannya, Tebing, yang juga bekerja untuk Tentara Inggris, datang dari Bielefeld untuk merayakan pesta ulang tahun tersebut. Wendy pergi ke kompleks NAAFI dengan Katrice dan orang tuanya, sementara Cliff tinggal di rumah dengan Natasha. Ritchie Lee mengantar mereka ke NAAFI dan menunggu mereka di tempat parkir mobil. Hari tersebut merupakan hari terakhir pembayaran gaji sebelum Natal, jadi kompleks itu sangat sibuk. Katrice tidak ingin naik di keranjang belanja, sehingga dia digendong berkeliling supermarket oleh Sharon, yang akhirnya dia ditempatkan di meja kasir. Sharon sempat meninggalkan antrian sebelum kembali untuk menemukan Katrice yang tidak terlihat di manapun. Bibinya, Wendy, berpikir bahwa Katrice mengikuti ibunya menyusuri lorong, tapi dia menghilang.

Penyelidikan[sunting | sunting sumber]

Polisi militer secara efektif melakukan penyelidikan atas hilangnya Katrice, namun harus bernegosiasi dengan polisi sipil Jerman karena kompleks NAAFI berada di kota Jerman, bukan di daerah militer. Pihak militer dan polisi Jerman meyakini Katrice jatuh ke Sungai Lippe dan tenggelam, tetapi tubuhnya tidak pernah ditemukan. Polisi Jerman menolak untuk melakukan konferensi pers, dan telah enam minggu sebelum berita tersebut muncul di surat kabar lokal. Penyelidikan yang berlangsung hanya membuahkan sedikit hasil, dan meskipun pengerukan sungai dan melakukan penyelidikan dari rumah-ke-rumah, tidak ada jejak dari hilangnya Katrice.

Polisi membuka kasus tersebut pada tahun 2000, setelah teknologi komputer dapat membantu mereka menggambarkan bagaimana bentuk wajah Katrice pada saat itu. Orang-orang yang tidak pernah diwawancarai berdatangan, termasuk seorang pria muda yang berdiri di belakang Sharon di kasir, dan bahkan salah satu dari kasir jalur wanita. Salah satu wanita juga datang dengan mengatakan bahwa pacarnya, yang pada waktu itu bersamaan di resimen ayah Katrice, mengaku telah membunuh seorang anak. Pria tersebut sekarang tinggal di Northumbria, dan polisi militer mewawancarainya, namun dia membantah hal itu, dan wanita yang memberi informasi tersebut meninggal segera setelah kejadian itu, sehingga tidak ada petunjuk lagi untuk melanjutkan penyelidikan. Polisi militer kemudian mengatakan kepada keluarga Sharon bahwa laki-laki tersebut mungkin memiliki gangguan psikologis.

Tiga kemungkinan kemunculan Katrice Lee muncul setelah kisahnya muncul di acara televisi BBC Missing Live, di mana selama acara tersebut gambaran wajah Katrice pada usia ke-29 tahun ditampilkan.[3] Natasha Lee, kakak Katrice, muncul di Crimewatch untuk menyoroti banding, setelah wanita anonim menelepon dan meninggalkan pesan kepada Richard Lee dengan mengatakan, "Carilah putri anda di Prancis". Polisi mengambil respons dari mesin penjawab tersebut, namun tidak ada informasi lebih lanjut untuk digunakan dalam penyelidikan.[4] Mayor Kevin Bell-Walker, yang memimpin penyelidikan, mengatakan, "Dengan kemajuan pendeteksi kejahatan seperti teknik pencarian, forensik arkeologi dan profil DNA, kasus ini dapat berkembang dari sebelumnya".

Polisi meyakini bahwa Katrice sengaja diculik dari kompleks NAAFI, dan mungkin dibesarkan oleh orang lain di Jerman, Britania Raya, atau daerah lain di Eropa, dan Katrice tidak mengetahui identitas aslinya.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katrice Lee, Missing People, diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-04, diakses tanggal 21 Februari 2010 
  2. ^ Fielding, Nick (24 November 2007), Without a Trace, Telegraph Media Group, diakses tanggal 21 Februari 2010 
  3. ^ "Dad's New Hope of Finding Katrice", Hartlepool Mail, 2 May 2008, diakses tanggal 21 Februari 2010 [pranala nonaktif]
  4. ^ "Our Katrice is Still Alive", Hartlepool Mail, 28 November 2006, diakses tanggal 21 Februari 2010 [pranala nonaktif]
  5. ^ James, Fiona (4 Maret 2001), "Pounds 10,000 Reward in Hunt for Girl Missing 19 Years", Sunday Mirror, diakses tanggal 21 Februari 2010 [pranala nonaktif]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]