Het Nieuws van den Dag voor Nederlandsch-Indië

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Halaman depan terbitan tahun 1939

Het Nieuws van den Dag voor Nederlandsch-Indië adalah surat kabar berbahasa Belanda yang terbit di Hindia Belanda, sekarang Indonesia, selama periode 1895-1942.

Redaksi dari surat kabar yang didirikan pada 1895 ini berbasis di Batavia. Para pembacanya sebagian besar dari orang Indo.

Het Nieuws van den Dag merupakan salah satu surat kabar termurah di Hindia Belanda, berkebalikan dengan Java Bode (1852-1957) dan De Locomotief di Semarang, yang lebih berorientasi perdagangan dan menempatkan banyak iklan.

Pada 1938, Willem Belonje (1887-1968) menjadi direktur-pemimpin redaksi. Dia sebelumnya menjabat sebagai pemimpin redaksi Indische Courant yang dia jual kepada J.C. Kolling. Pada 1939, John Alphonsus Mulder pergi ke Belanda sebagai koresponden Het Nieuws.

Pendudukan Jepang di Jawa membuat koran ini berhenti pada 1 Maret 1942. Setelah Kapitulasi Jepang, Belonje menjadi pemimpin redaksi surat kabar yang diterbitkan pemerintah Belanda, Het Dagblad.[1]

Koleksi digital[sunting | sunting sumber]

Koleksi digital Het Nieuws van den Dag voor Nederlandsch-Indië disimpan di situs delpher.nl, dan dapat diakses secara gratis mulai dari edisi pertama sampai terakhir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]