Hering rumbai-putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hering rumbai-putih
Gyps bengalensis

White-rumped vulture in Mangaon, Raigad, Maharashtra
Status konservasi
Terancam kritis
IUCN22695194
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAccipitriformes
FamiliAccipitridae
GenusGyps
SpesiesGyps bengalensis
(Gmelin, 1788)
Tata nama
Sinonim taksonPseudogyps bengalensis
ProtonimVultur bengalensis
Distribusi

Former distribution of Gyps bengalensis in red

Gyps bengalensis adalah sebuah burung nasar Dunia Lama yang berasal dari Asia Selatan dan Tenggara. Telah terdaftar sebagai Sangat Terancam Punah dalam Daftar merah IUCN sejak tahun 2000, karena populasinya menurun tajam. Burung nasar berkulit putih mati karena gagal ginjal yang disebabkan oleh keracunan diklofenak.[1]

Pada 1980-an, populasi global diperkirakan mencapai beberapa juta individu, dan dianggap sebagai "burung pemangsa besar yang paling berlimpah di dunia". Pada 2016, populasi global diperkirakan kurang dari 10.000 individu dewasa.[1]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Gyps bengalensis berukuran sekitar 75-85 cm. Burung rumbai-putih dewasa ditandai dengan bulu kehitaman. Leher dan punggung bawah kontras berwarna putih. Terdapat bercak putih di punggung. Sebagian besar kepala telanjang berwarna coklat keabu-abuan. Paruh agak pendek dan tebal berwarna gelap dengan rahang atas berwarna abu-abu kebiruan pucat. Saat terbang, sayap tampak sangat lebar dengan jarak jari-jari yang rapat. Ukuran ekor pendek. Sebagian besar bagian dalam sayap sekunder dan primer berwarna keabu-abuan. Bulu bawah sayap berwarna putih dengan tepi depan berwarna hitam[3].

Burung hering rumbai-putih remaja memiliki warna dominan coklat. Leher berwarna karat-kecoklatan tua. Kepala dan leher sebagian besar tertutup bulu berwarna keputihan. Warna paruh kehitaman. Bagian punggung berwarna kecoklatan tua. Penutup sayap bagian bawah dan tengah bergaris samar-samar lebih pucat. Saat terbang, bulu berwarna gelap agak seragam dengan pita pendek berwarna keputihan di bagian bawah sayap. Tepi depan bulu di bawah sayap lebih gelap daripada bulu di bawah sayap yang lebih besar [3].

Habitat[sunting | sunting sumber]

Hering rumbai-putih dapat ditemukan pada daerah terbuka, tebing dan sebagian besar dataran rendah tetapi tingginya mencapai 2.600 m [3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c BirdLife International (2017). "Gyps bengalensis": e.T22695194A118307773. 
  2. ^ Gmelin, J. F. (1788). "Vultur bengalensis". Caroli a Linné, Systema naturae per regna tria naturae, secundum classes, ordines, genera, species, cum characteribus, differentiis, synonymis, locis. I (edisi ke-13th aucta, reformata). Lipsiae: Georg Emanuel Beer. hlm. 245–246. 
  3. ^ a b c Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 124. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]