Heri Amol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Heri Amol (lahir 18 September 1984) adalah seorang petinju Indonesia, mantan juara nasional kelas terbang mini (2004-2005). Saat ini[per kapan?] dia merupakan petinju kelas terbang.

Heri Amol vs Yo-Sam Choi[sunting | sunting sumber]

Nama Amol yang kurang terkenal di dunia tinju internasional menjadi terkenal setelah bertanding di Seoul, Korea Selatan pada Natal 2007.

Tepat pada tanggal 25 Desember 2007 itu, Heri Amol bertanding melawan Choi di Seoul. Pada pertandingan itu, Amol kalah angka, tetapi pada ronde ke-12, saat waktu hanya tersisa 5 detik, Amol mampu menjatuhkan Choi (knockdown), namun Choi mampu segera bangkit, sehingga hitungan tidak dilanjutkan (dalam istilah tinju disebut sebagai saved by the bell), dan selanjutnya Choi dinyatakan memenangkan pertandingan itu dengan angka mutlak.

Setelah pengumuman itulah, Choi tiba-tiba jatuh terkulai di ring dan segera mendapatkan pertolongan pertama. Kemudian Choi dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Soonchunhyang. Choi dinyatakan mengalami pembengkakan otak dan menjalani operasi otak. Choi akhirnya meninggal pada tanggal 2 Januari 2008, setelah dinyatakan mati batang otak sehari sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]