Hera Pheri (film 2000)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hera Pheri
SutradaraPriyadarshan
ProduserA.G. Nadiadwala
SkenarioNeeraj Vora
CeritaSiddique-Lal
PemeranAkshay Kumar
Sunil Shetty
Paresh Rawal
Tabu
Penata musikSongs:
Anu Malik
Background Score:
Surinder Sodhi
SinematograferJeeva
PenyuntingN. Gopalakrishnan
Tanggal rilis
  • 31 Maret 2000 (2000-03-31)
Durasi145 menit
NegaraIndia
BahasaHindi
Pendapatan
kotor
175 juta (setara dengan 510 juta atau US$7,2 juta pada tahun 2023) (India only)

Hera Pheri adalah film komedi india pada tahun 2000 yang disutradarai oleh Priyadarshan dibintangi oleh Akshay Kumar, Paresh Rawal, Sunil Shetty dan Tabu.[1] Ini adalah pembuatan ulang dari Malayalam film pada tahun 1989 yang berjudul Ramji Rao Speaking yang film itu sendiri didasarkan TV film pada tahun 1971 See The Man Run. Film ini melahirkan sebuah sekuel, Phir Hera Pheri, yang dirilis pada tahun 2006. Hera Pheri 3 akan melanjutkan keberhasilan Phir Hera Pheri dan sedang dalam pra-produksi.[2]

Selama bertahun-tahun telah menjadi kultus klasik.[3] Film Itu terpilih sebagai yang terbaik dari Bollywood komedi film sepanjang masa di sebuah polling online yang dilakukan oleh Indian Express.[4] Paresh Rawal memenangkan penghargaan komedian terbaik di Filmfare, IIFA dan Star Screen Awards.

Plot[sunting | sunting sumber]

Raju (Akshay Kumar) adalah penyewa dari Baburao Ganpatrao Apte alias Babu Bhai (Paresh Rawal) dan belum membayar sewa untuk waktu yang lama. Raju tidak percaya pada kerja keras dan ingin mendapatkan uang dengan mudah. Dia menipu semua orang, bahkan ibunya (Sulabha Arya), yang berpikir bahwa anaknya bekerja di Calcutta. Baburao, seorang pria berperawakan berkacamata, menjalankan "Star Garage". Dia memiliki utang keluarga dan dengan banyak rentenir, memiliki waktu-waktu yang sulit dengan mereka.

Shyam alias Ghanshyam (Sunil Shetty) telah datang ke Mumbai dari Gurgaon mencari pekerjaan di bank mendiang ayahnya. Rupanya ayahnya meninggal dalam kebakaran yang terjadi di bank dan ia mengklaim bahwa bank berutang pekerjaan.. Dia sangat membutuhkan uang untuk temannya Khadak Singh (Om Puri) dan pernikahan kakaknya. Seorang wanita muda, Anuradha Panniker (Tabu), juga dalam pencarian untuk pekerjaan itu, ayahnya telah meninggal dua menit setelah Shyam. Shyam bertemu dengan Raju dan kesalahpahaman menyebabkan Shyam memikirkan bahwa Raju adalah pencopet. Perkelahian pun terjadi antara keduanya, dan Raju lolos, meninggalkan dompetnya dengan Shyam. Setelah Raju pergi, Shyam mengetahui bahwa dia memiliki dompetnya sendiri. Sayangnya, Raju kembali dengan dua polisi, bersikeras bahwa Shyam telah merampoknya.

Malam itu, Shyam mencapai Star Garage. Baburao setuju untuk membawanya sebagai penyewa asrama, meskipun ia memperingatkan Shyam bahwa ia harus berbagi tempat dengan asrama lain dan harus membantu dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Sayangnya untuk Shyam, di perbatasan lainnya adalah Raju, seseorang yang belum membayar Baburao satu sen sewa dalam dua tahun terakhir. Dua laki-laki yang selalu ingin berkelahi saat mereka melihat satu sama lain. Raju dengan lantang keberatan dengan keberadaan Shyam dan mengancam untuk pindah. Baburao sangat bingung dengan kemarahan Raju dan menyebut menggertak. Akhirnya, Raju mengalah, dan mengklaim bahwa dia hanya tinggal karena ia berutang pada Baburao dan ia membenci untuk meninggalkan utang. Dua laki-laki ini terus-menerus saling berkelahi, dan malangnya bagi Baburao yang sering berakhir menderita dari konsekuensi konflik mereka.

Raju berhasil mengelabui Shyam menandatangani sebuah dokumen yang mengatakan ia akan memberikan jabatan di bank ke Anuradha. Ketika Shyam menemukan kecurangan, ia mengancam untuk menuntut kedua bank dan Anuradha. Ketika Shyam menemukan penipuan, ia mengancam untuk menggugat kedua bank dan Anuradha. Panik, manajer bank mencoba cara agar Anuradha merayu Shyam, dan ia tidak mau tahu menahu. Akhirnya, dia membuat kesepakatan untuk memberikannya jabatan dengan imbalan uang. Shyam tidak mampu untuk mendapatkan uang, dan ketika ia pergi mengelabui jalan melalui kesepakatan itu, ia menemukan bahwa Anuradha hidup dengan ibunya yang sakit mental dan dalam kemiskinan. Dia mengakui bahwa dia menemukan bahwa situasi keuangan Shyam sendiri adalah seburuk dirinya, dan bahwa dia tidak mau untuk melaksanakan rencananya, jadi dia memberinya surat pengunduran dirinya. Shyam menolak, bersikeras bahwa dia tidak pernah bisa hidup dengan dirinya sendiri jika ia diterima, dan bahwa ia harus mempertahankan posisi. Mereka berdua menjadi teman dan bahkan mulai sebuah percintaan.

Sementara itu, Khadak Singh muncul di bank mencari Shyam, yang ia percaya sudah membonekai dia. Manajer bank memberinya alamat Baburao. Raju hanya terlalu gembira untuk dan "berita baik" untuk Shyam dengan Kharak Singh, dan hanya berkat intervensi Baburao sehingga Shyam lolos dari cekikan Khadak Singh. Shyam, namun meskipun mendapatkannya dengan Raju dengan gemetar dia turun untuk uang bensin di depan ibunya, membahayakan mengungkapkan kepadanya bahwa ia tidak benar-benar mendapatkan uang yang baik seperti yang ia klaim ke ibunya.

Baburao terus semakin disebut oleh orang-orang yang hendak berbicara dengan Mr. Deviprasad (Kulbhushan Kharbanda), yang mengganggu dia tidak ada akhir. Suatu hari, bagaimanapun, hal-hal menjadi serius ketika penculik bernama Kabeera (Gulshan Grover) meminta Deviprasad. Hanya, kali ini, dia meminta tebusan yang harus dibayar oleh cucu Deviprasad ini Rinku (Ann Alexia Anra of Avvai Shanmughi fame). trio tokoh lupa nomor telepon untuk Star Garage dan Star Fisheries, yang merupakan kepimilikan dari Deviprasad, dia salah karna mengalihkan dari buku telepon.

Sekarang, Raju memutuskan untuk mendapatkan keuntungan dari situasi ini dan mempunyai Shyam yang menelepon Deviprasad dan menyamar sebagai Kabira dan menuntut dua kali lipat jumlah diminta oleh Kabeera sehingga mereka dapat mengantongi setengah lainnya sendiri sementara memenuhi permintaan tebusan. Namun, ketika orang kaya adalah karyawan menyadari bahwa Deviprasad cucu mungkin telah diculik, dia melibatkan polisi. Namun, ketika karyawan orang kaya itu menyadari bahwa cucu Deviprasad ini mungkin telah diculik, ia melibatkan polisi. Marah bahwa polisi muncul di tempat pertukaran, Deviprasad mengancam untuk menembak Inspektur Prakash (Mukesh Khanna) dengan revolver sendiri, sehingga memungkinkan Raju, Shyam dan Baburao untuk melarikan diri dalam kebingungan. Rencana Kabira ini yang digagalkan, dan sebagai hukuman karena melibatkan polisi, ia memanggil trio lagi dan menggandakan uang tebusan.

Berikut cerita mereka dengan Kabeera dan polisi, Shyam dan Baburao menginformasikan Raju bahwa mereka keluar dari sana, tetapi Raju akhirnya malu mereka kembali membantunya. Mereka mengatakan Deviprasad untuk bertemu mereka di titik pertemuan satu jam sebelum waktu ditunjuk Kabeera ini. Ketika mereka bertemu dengan Deviprasad, ia menuntut untuk melihat cucunya. Akhirnya, trio dipaksa untuk mengakui bahwa mereka tidak benar-benar penculik, hanya tiga orang di atas kepala mereka, tetapi bahwa mereka akan mendapatkan cucunya kembali untuknya. Untuk lebih membuktikan ketulusan mereka, mereka membuka kedok sendiri, memberikan Deviprasad namanya dan mengatakan kepadanya bahwa jika ia tidak mempercayai mereka, dia bisa mengubah mereka. Deviprasad memilih untuk percaya mereka.

Dalam jarak dekat menggelikan yang melibatkan Khadak Singh dan anak buahnya, Kabeera dan kroni-kroninya, polisi, pahlawan kita menyelamatkan gadis itu dan mengembalikannya ke kakek dan Bersyukur padanya. Raju mengumpulkan semua uang, sementara Shyam dan Baburao menuju arah rumah mereka.

Ketika mereka menemukan bahwa Raju tidak di rumah, mereka berpikir bahwa ia mungkin telah melarikan diri dengan uang. Marah, mereka menelepon polisi dan mengarang sebuah cerita untuk melibatkan semua dan 3 dari mereka dalam penculikan itu. Tidak lebih cepat daripada mereka menggantung dengan polisi, seorang Raju gembira masuk dan membawa koper. Dia menjelaskan kepada duet itu dan tercengang bahwa mobil telah rusak, tetapi dia memperbaikinya, melunasi hutang Shyam dan melihat ibunya dikeluarkan dari asrama di mana ia telah tinggal. Saat berakhir kisah, ia bingung dengan ekspresi murung teman-temannya '. Mereka menjelaskan bahwa karena mereka pikir dia telah bingung dan temuan tasnya hilang, telah berubah diri dan terlibat dia juga. Raju sakit dan mengatakan kepada mereka bahwa di dunia ini, semua dia benar-benar peduli adalah ibunya, yang kini akan lihat anaknya ditangkap dan dikirim ke penjara.

Seperti yang diharapkan, polisi tiba untuk mengambil trio pergi ke penjara. Raju meminta agar mereka tidak dituntun keluar melalui pintu depan, supaya ibunya melihat mereka. Pada menit terakhir, seperti polisi hendak menutup pintu van itu, Deviprasad muncul, mengatakan polisi yang sudah ada kesalahpahaman yang mengerikan. Dia mengatakan kepada mereka bahwa cucunya telah menjelaskan bagaimana trio itu dengan gagah berani menyelamatkannya, dan mengatakan bahwa mereka harus mempertimbangkan uang sebagai hadiah untuk usaha mereka. Dia kemudian memberitahu polisi bahwa ia tidak menekan tuduhan terhadap mereka. Tidak memiliki alasan untuk menahan mereka lagi, polisi melepaskan trio. Mereka berterima kasih pada Deviprasad untuk intervensi atas nama mereka, tetapi Deviprasad menegaskan bahwa ialah yang harus berterima kasih kepada mereka, dan bahwa berarti apa yang dikatakannya tentang uang bagi mereka. Apa pun trio mungkin bisa inginkan di masa depan, Deviprasad menegaskan, ada di tangan mereka untuk bertanya. Tiba-tiba, telepon berdering lagi dan trio berpikir bahwa itu adalah untuk Deviprasad, seperti biasa. Tapi Deviprasad mengatakan kepada mereka bahwa saat ini panggilan untuk mereka. Mereka mengangkat telepon dan tiba-tiba menjadi tegang. Hal ini kemudian mengungkapkan bahwa pemanggil sebenarnya cucu Deviprasad ini berpura-pura menjadi penculik dan berkata, "Kabira berbicara". Film berakhir dengan trio membobol tawa tak terkendali.

Cast[sunting | sunting sumber]

  • Akshay Kumar sebagai Raju
  • Sunil Shetty sebagai Ghanshyam.k.a. Shyam
  • Paresh Rawal sebagai Baburao Ganpatrao Apte.k.a. Babu bhaiya
  • Tabu sebagai Anuradha Shivshankar Panikar
  • Gulshan Grover sebagai Kabira
  • Kulbhushan Kharbanda sebagai Devi Prasad
  • Om Puri sebagai Khadak Singh
  • Asrani sebagai Manajer Bank
  • Razak Khan sebagai Kabira Gang Anggota
  • Kashmira Shah sebagai Kabira Gang Anggota
  • Dinesh Hingoo sebagai Chaman Jhinga
  • Namrata Shirodkar sebagai Miss Chinga, Khusus Penampilan dalam sebuah lagu
  • Mukesh Khanna sebagai Prakash, Komisaris Polisi
  • Sulabha Arya sebagai Raju Ibu
  • Ann Alexia Anra (Baby Anne) sebagai Rinku
  • Snehal Dabi sebagai Orang salah menilai Asrani sebagai "Dalaal" di halte bus.
  • Mushtaq Khan sebagai Devi Prasad adalah Hamba
  • Kahkashan dalam penampilan khusus dalam lagu "Jab Bhi Koi Haseena"

Produksi[sunting | sunting sumber]

Hera Pheri adalah film pertama Priyadarshan yang bekerja sama dengan Akshay Kumar dan Sunil Shetty. Dia telah bekerja dengan Paresh Rawal di Doli Saja Ke Rakhna. Hal ini juga menandai awal dari sebuah hubungan yang panjang antara Priyadarshan dan tiga aktor.

Mengikuti Hera Pheri, Priyadarshan telah memastikan bahwa baik Kumar, Shetty, Rawal atau kombinasi dari ketiga pelaku akan membintangi film-filmnya. Satu-satunya pengecualian adalah Dhol, Billu dan Tezz.

Bagian-bagian dari film ini syuting di Dubai, dan Hera Pheri 3 juga akan syuting disana.[5]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Seluruh lirik ditulis oleh Sameer; seluruh musik diciptakan oleh Anu Malik[6].

Songs
No.JudulPlaybackDurasi
1."Denewala Jab Bhi" (Akshay Kumar, Suniel Shetty & Paresh Rawal on screen)Abhijeet, Vinod Rathod, Hariharan6:50
2."Humba Leela" (Akshay Kumar, Suniel Shetty, Paresh Rawal & Tabu on screen)Abhijeet, Vinod Rathod, Hariharan4:26
3."Jab Bhi Koi Haseena" (Akshay Kumar on screen)K.K.6:40
4."Main Ladka" (Suniel Shetty & Tabu on screen)Abhijeet, Kavita Krishnamurthy6:12
5."Mujhe Se Milti Hai" (Akshay Kumar on screen)Udit Narayan, Alka Yagnik6:00
6."Tun Tunak Tun" (Akshay Kumar & Namrata Shirodkar on screen)Richa Sharma7:06

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini tidak membuka dengan dengan baik pada awas rilis, tetapi mengangkat kemudian dan menjadi sukses box office,[7] dengan grossing Rs. 17,25,00,000 di India.[8] Banyak pujian yang datang ke Paresh Rawal untuk waktu dan akting, dengan kritikus menyebutnya "salah satu penampilan terbaik yang pernah dia lakukan". Aparajita Saha dari Rediff menyatakan "film ini milik sepenuhnya untuk Paresh Rawal. Apapun tawa dalam film ini adalah semata-mata karena dia. Dia telah memiliki waktu dan sempurna dan bakat alami untuk komedi."[9] Alok Kumar dari Planet Bollywood memuji film mengatakan "Priyadarshan menampilkan Hera Pheri, menyenangkan untuk menonton penampilan nya, beberapa lagu, dan garis cerita yang menarik".[10]

Ini telah mencapai status kultus di antara penonton India[11] dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam Hindi film komedi yang pernah dibuat.[7]

Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nomine / karya Penghargaan Hasil
2001 Paresh Rawal[11] Screen Award for Best Comedian Menang
IIFA Award for Best Comedian Menang
Filmfare Award for Best Comedian Menang
Bollywood Movie Award for Best Comedian Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jain, Mimmy (3 April 2000). "Three for a laugh". Express India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-12. Diakses tanggal 2011-04-19. 
  2. ^ "In pictures: 'Hera Pheri 3' star cast unveiled" (Mid.day.com). Mid Day. Diakses tanggal 13 January 2015. 
  3. ^ "Akshay Kumar: A Khiladi For All Seasons". The Huffington Post. 30 January 2015. 
  4. ^ "Surfers pick 'Hera Pheri', 'Andaz Apna Apna' as top Hindi comedy films of all time in Indian Express online poll". The Indian Express. 19 June 2014. 
  5. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-11. Diakses tanggal 2016-06-06. 
  6. ^ "Hera Pheri: Audio Listing". Bollywood Hungama. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-31. Diakses tanggal 2011-04-19. 
  7. ^ a b Mumbai Mirror (19 August 2010). "Abhi, Sanju, Nana in Hera Pheri 3". Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-03. Diakses tanggal 2011-04-19. 
  8. ^ "Box Office 2000". Boxofficeindia.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-07. Diakses tanggal 2011-04-19. 
  9. ^ Saha, Aparajita (31 March 2000). "The review of Hera Pheri". Rediff. Diakses tanggal 2011-04-19. 
  10. ^ Kumar, Alok. "Film Reviews: Hera Pheri". Planet Bollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-19. Diakses tanggal 2011-04-19. 
  11. ^ a b Vijayakar, Rajiv (21 May 2010). "Cult, Comic & Classic". Screen India. Diakses tanggal 2011-04-19.