Henry Farrer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Henry Farrer
LahirHenry Farrer
23 March 1844
London, England, UK
Meninggal24 Februari 1903(1903-02-24) (umur 58)
KebangsaanAmerika Serikat American
Pendidikanotodidak
Dikenal atasLukisan cat air, etsa
Gerakan politikTonalisme

Henry Farrer (23 Maret 1844 – 24 Februari 1903) adalah seorang seniman Amerika kelahiran Inggris yang dikenal karena tonalis cat air lanskap dan etsa miliknya.

Funerary monument of Henry Farrer in Brompton Cemetery, London

Biografi[sunting | sunting sumber]

Farrer lahir di London, adik dari artis Thomas Charles Farrer. Thomas pernah belajar di Inggris di bawah John Ruskin dan Dante Gabriel Rossetti, anggota Persaudaraan Pra-Raphaelite.[1] Henry was self-taught,[2] dan mungkin telah menyelaraskan gayanya dengan gaya kakaknya.

Farrer berimigrasi ke Amerika pada tahun 1863 dan membuka studio di New York. Sebagai pendatang baru di dunia seni Amerika, ia menjadi anggota Masyarakat untuk Kemajuan Kebenaran dalam Seni, sebuah organisasi berumur pendek yang didirikan bersama oleh saudaranya dan berpusat pada tradisi Pra-Raphael tentang kejujuran dan kebenaran. penggambaran artistik yang sangat realistis. Pada tahun-tahun pertamanya sebagai seniman profesional pada tahun 1860-an, Farrer melukis Pra-Raphaelite masih hidup, beberapa lanskap dan karya kelautan, dan juga memulai upaya pertamanya dalam etsa.

Pada tahun 1870-an, karya lanskap Farrer beralih ke gaya tonalis yang paling diingatnya. Dia ikut mendirikan American Watercolor Society dan, tidak seperti kebanyakan seniman saat itu, melukis dengan cat air hampir secara eksklusif. Lanskap nada suaranya, yang terus ia ciptakan hingga tahun 1890-an, biasanya menggambarkan lanskap berkabut atau berawan dengan rawa atau kolam kecil di latar depan. Matahari sering terbenam dalam lukisan Farrer, dan perasaan keseluruhannya adalah keheningan. Penggunaan warna-warna yang lembut dan bersahaja memberikan suasana meditatif pada karya-karyanya.

Selama periode yang sama, Farrer menjadi kekuatan pendorong dalam Etching Revival di Amerika.[3] Dia adalah anggota pendiri New York Etching Club pada tahun 1877,[3] dan aktif dalam mempromosikan etsa sebagai media kreatif daripada media reproduktif. Lukisan Farrer yang paling terkenal menggambarkan New York. Dia mengukir serangkaian adegan jalanan pada tahun 1860-an, dan serangkaian adegan Pelabuhan New York lainnya pada akhir tahun 1870-an dan 1880-an.

Farrer dimakamkan di Pemakaman Brompton, London.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Avery, Kevin J. "North America 1700-1900". The Metropolitan Museum of Art Bulletin, New Series, Vol. 57, No. 2, 1999. pp. 50-55.
  2. ^ Avery, Kevin J. "Winter Scene in Moonlight , 1869". Metropolitan Museum of Art. Retrieved on January 18, 2008.
  3. ^ a b Schneider, Rona. "The American Etching Revival: Its French Sources and Early Years". American Art Journal, Vol. 14, No. 4, 1982. pp. 40-65.