Henri IV dari Luksemburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Henri IV, Comte Luxembourg
Pasangan Laurette dari Alsace
Agnes dari Guelders
Keluarga bangsawan Wangsa Namur
Bapak Godefroi I dari Namur
Ibu Ermesinde dari Luksemburg
Lahir skt. 1112
Meninggal 14 Agustus 1196
Echternach

Henri IV (skt. 1112 – 14 Agustus 1196), disebut si Buta (l'Aveugle atau der Blinde), merupakan seorang Comte Luksemburg dari tahun 1136 sampai dengan kematiannya dan Comte Namur dari tahun 1139 sampai pengunduran dirinya pada tahun 1189. Ia adalah putra Godefroi I dari Namur dan Ermesinde, putri Konrad I dari Luksemburg.

Ia menjadi ahli waris provinsi-provinsi La Roche dan Durbuy dari sepupu-sepupunya Henri II dari Durbuy dan Henri dari Laroche. Ketika sepupu lainnya, Konrad II dari Luksemburg, meninggal ia diberikan provinsi tersebut oleh Lothar II, Kaisar Romawi Suci, yang dengan demikian mencegah jatuhnya wilayah tersebut ke tangan Comte Perancis dari Grandpré. Pada saat yang sama ia juga menjadi ahli waris advocacies di biara-biara Saint-Maximin di Trier dan Saint-Willibrord di Echternach. Hal tersebut merupakan penyebab dari banyak konflik dengan Albero dari Montreuil. Tiga tahun kemudian, ia mendapat Namur dari ayahandanya.

Pada tahun 1141, ia membantu Alberon II dari Liège mengambil Bouillon dengan Renaut I dari Bar. Pada tahun 1147, ia menyerahkan Saint-Maximin, namun ia mendapatkannya kembali setelah kematian Uskup Agung Albero dari Montreuil pada tahun 1152. Uskup Agung yang baru, Hillin dari Fallemanien, yang menukar hak biara-biara dengan kota Grevenmacher pada tahun 1155. Pada tahun 1157, ia menikahi Laurette (meninggal 1175), putri Thierry dari Flandria, Comte Flandria, dan Marguerite dari Clermont. Mereka berpisah pada tahun 1163. Meninggal tanpa keturunan, ia menunjuk kakak iparnya Baudouin IV, suami saudarinya Alice dari Namur sebagai ahli warisnya. Ketika Baudouin meninggal pada tahun 1171, ia menunjuk Baudouin V. Baudouin V dan Henri menghadapi dua kali peperangan, pada tahun 1170 dan 1172 dengan Heinrich III dari Limburg.

Pada tahun 1171, Henri menikah untuk yang kedua kalinya dengan Agnes, putri Hendrik I dari Gelre dan Agnes dari Arnstein. Tetap tanpa keturunan, ia meninggalkan istrinya pada tahun 1184. Pada bulan September 1186, seorang gadis yang bernama Ermesinde lahir. Kelahiran tersebut mempertanyakan rencana suksesi, karena Henri menganggap janjinya kepada Baudouin batal dan tidak berlaku. Henri yang pada saat itu berusia 76 tahun meminta putrinya menikah dengan Henri II dari Champagne. Baudouin masih menuntut warisannya. Akhirnya diputuskan bahwa Baudouin akan mendapatkan Namur, Ermesinde akan mendapatkan Durbuy dan La Roche, dan Luksemburg (wilayah feodal) akan kembali ke Kekaisaran.

Wilayah-wilayah feodal tersebut ditiadakan pada tahun 1189 dan setelah rencana pernikahan di antara Ermesinde dan Comte Champagne dibatalkan Henri sebaliknya menjodohkannya dengan Thiébaut I dari Bar. Ia berperang dengan Heinrich dari Limburg dan dikalahkan pada tanggal 1 Agustus 1194 di Neuville, Mehaigne. Ia meninggal dua tahun kemudian di Echternach.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Henri IV dari Luksemburg
Wangsa Namur
Lahir: skt. 1112 Wafat: 14 Agustus 1189
Didahului oleh:
Konrad II
Comte Luksemburg
1136–1196
Diteruskan oleh:
Otto I
Didahului oleh:
Godefroi I
Comte Namur
1139–1189
Diteruskan oleh:
Baudouin I