Helen Prejean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Helen Prejean
Lahir21 April 1939 (umur 85)
Baton Rouge, Louisiana, AS
Tempat tinggalNew Orleans, Louisiana, AS
PekerjaanBiarawati Katolik Roma, penasehat spiritual, pengarang, aktivis anti-hukuman mati

Helen Prejean, C.S.J. (lahir 21 April 1939) adalah seorang biarawati Katolik Roma, anggota Kongregasi Santo Yusuf yang berbasis di New Orleans, dan advokat Amerika utama untuk penghapusan hukuman mati.

Sr. Prejean mendirikan kelompok SURVIVE, untuk membantu keluarga korban pembunuhan dan kejahatan terkait. Ia menjabat sebagai Ketua Nasional National Coalition to Abolish the Death Penalty dari 1993 sampai 1995. Ia membantu pendirian The Moratorium Campaign, yang ditujukan untuk mengakhiri hukuman mati dan memberikan pendidikan tentang hukuman mati.

Ia dikenal karena buku buatannya dengan penjualan terbaik, Dead Man Walking (1993), berdasarkan pada pengalamannya dengan dua terdakwa hukuman mati dimana ia bertugas sebagai penasehat spiritualnya sebelum mereka dihukum mati. Dalam bukunya, ia menyoroti dampak hukuman mati pada siapapun yang terlibat. Buku tersebut diadaptasi menjadi film bernama sama pada tahun 1995, yang dibintangi oleh Susan Sarandon dan Sean Penn. Karya tersebut juga diadaptasi menjadi sebuah opera, yang mula-mula diproduksi pada tahun 2000 oleh San Francisco Opera.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]