Helaian lekat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trillium cernuum bunga liar abadi memiliki tiga daun lekat di bagian atas batang.

Dalam botani, helaian lekat atau sesilitas (berarti "duduk", digunakan dalam arti "beristirahat di permukaan") adalah ciri bagian tumbuhan (seperti bunga dan daun) yang tidak memiliki tangkai.[1] [2] Bagian tanaman juga dapat digambarkan sebagai anak helaian lekat, yaitu tidak sepenuhnya helaian lekat..

Bunga lekat adalah bunga yang tidak memiliki tangkai bunga. Bunga yang tidak melekat disebut bunga bertangkai . Misalnya, genus Trillium dikelompokkan menjadi beberapa subgenera, trillium berbunga lekat dan trillium berbunga tangkai.

Istilah sesilitas juga digunakan dalam mikologi untuk menggambarkan tubuh buah jamur yang melekat atau duduk langsung pada permukaan substrat, tanpa penyangga atau pedisel . [3]Daun lekat tidak memiliki tangkai daun (tangkai daun). Daun yang tidak melekat disebut daun bertangkai . Misalnya, sebagian besar daun monokotil tidak memiliki tangkai daun.[butuh rujukan]

Istilah sesilitas juga digunakan dalam mikologi untuk menggambarkan tubuh buah jamur yang melekat atau duduk langsung pada permukaan substrat, tanpa penyangga jamur atau tangkai . [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beentje, H.; Williamson, J. (2010). The Kew Plant Glossary: an Illustrated Dictionary of Plant Terms. Royal Botanic Gardens, Kew: Kew Publishing. 
  2. ^ Hickey, M.; King, C. (2001). The Cambridge Illustrated Glossary of Botanical Terms. Cambridge University Press. 
  3. ^ a b Ulloa, Miguel; Halin, Richard T. (2012). Illustrated Dictionary of Mycology (edisi ke-2nd). St. Paul, Minnesota: The American Phytopathological Society. hlm. 575. ISBN 978-0-89054-400-6.