Heckler & Koch UCP

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Heckler & Koch UCP
Tipe Pistol semi otomatis
Negara asal  Jerman
Spesifikasi
Berat 0.85 kg
Panjang 200 mm
Panjang laras 130 mm
Lebar 30 mm
Tinggi 135 mm

Peluru 4,6 x 30 mm
Mekanisme Delayed-Blowback
Amunisi Magazen box isi 20 butir
Alat bidik Besi

Pistol Heckler & Koch Universal Combat Pistol (HK UCP) dikenal juga dengan nama HK P46, adalah pistol yang menggunakan sistem double action, semi otomatis yang dikembangkan atas permintaan Bundeswehr, Jerman.

Pistol HK UCP ini merupakan pistol pendamping (sidearm) untuk PDW (Personal Defense Weapon) Heckler & Koch MP7, yang mana kedua jenis senjata ini menggunakan peluru dengan tipe yang sama yaitu 4,6 x 30 mm. Perlu diketahui bahwa peluru ini merupakan saingan dari peluru produksi FN Hestral 5,7 x 28 mm yang digunakan pada pistol FN Five-seven. Keduanya mempunyai kemampuan armor piercing yaitu kemampuan untuk menembus rompi anti peluru kelas ringan jika dibandingkan dengan pistol lain yang menggunakan peluru 9 x 19 mm Parabellum atau .45 ACP.

Pistol ini beroperasi dengan menggunakan sistem operasi delayed blowback. Desain dasar dari senjata ini jika dilihat sejenis dengan pistol HK P2000, termasuk kontrol senjata ambidextrous, pegangan yang dapat diganti, rail Picatinny MIL-STD-1913 yang berfungsi untuk penempatan aksesoris senjata. Seperti seri pistol USP dan P2000, mekanisme triger menggunakan sistem modular dengan beberapa konfigurasi yang dapat diubahsuaikan. Laras dari pistol ini didesain untuk dapat dipasangi peredam suara buatan Brügger & Thomet. Isu tentang kemampuan pistol ini untuk dapat menampung peluru MP7 sebanyak 40 butir merupakan sebuah kebohongan.

Pistol ini masih merupakan purwarupa sampai dengan tahun 2006, beberapa informasi menyebutkan bahwa pistol ini sedang memasuki tahap ujicoba oleh Bundeswehr.

Salah satu petinggi perusahaan HK di Amerika pada bulan Juli 2009 menyebutkan bahwa proyek pengembangan pistol ini dibatalkan dengan alasan kemampuan balistik senjata ini tidak sesuai dengan persyaratan sebuah pistol[1].

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1] www.pistol-training.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]