Saab Bofors Dynamics CBJ-MS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Saab Bofors Dynamics CBJ-MS
650cbj ms.jpg
Tipe Personal Defense Weapon
Negara asal  Swedia
Sejarah produksi
Tahun Awal tahun 2000an
Diproduksi 2000
Spesifikasi
Berat 2,8 kg (kosong)
Panjang 363 mm popor dilipat

565 mm popor dibuka

Panjang laras 200 mm

Peluru 6,5 x 25 CBJ-MS

9 x 19 mm Luger/Parabellum

Rata² tembakan 700 peluru/menit
Jarak efektif 150 m
Jarak jangkauan 400 m
Amunisi 20, 30 dan 100 butir peluru
Alat bidik Besi (standar), alat bidik optik (opsional)
Gambar pada pranala luar
Saab Bofors Dynamics CBJ-MS
Searchtool.svg Gambar

Saab Bofors Dynamics CBJ-MS adalah PDW (Personal defense weapon) produksi perusahaan senjata asal Swedia, Saab Bofors Dynamics.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Senjata Saab Bofors CBJ MS Personal-Defence Weapon (PDW) ini muncul pertama kali pada Agustus 2000. Senjata ini dibuat selain perfungsi sebagai PDW juga merupakan senapan serbu dan Light Support Weapon (LSW)[1], yang berarti senapan serbu dengan jenis senjata pendukung ringan. Beberapa aspek yang membuat senjata ini berbeda dengan yang lainnya adalah kemampuannya untuk menggunakan dua tipe peluru yang berbeda.

Amunisi yang digunakan adalah peluru tipe baru 6,5 x 25 mm CBJ, tetapi dengan melakukan pergantian laras, senjata ini dapat menggunakan peluru 9 x 19 mm Parabellum dengan kemampuan senjata yang sama. Proyektil berbahan tungsten dilapisi plastik mempunyai kecepatan 815 m/s (meter/detik) yang mampu menembus rompi anti peluru standar CRISAT[2]. Kemampuan senjata dan peluru ini dapat juga menembus kendaraan lapis baja ringan seperti kendaran pengangkut militer (Armoured Personnel Carriers (APC)). Kelebihan peluru berselongsong aluminium ini adalah kemampuan penetrasi, dapat digunakan pada laras yang pendek, dan lebih tahan korosi. Panjang keseluruhan peluru 6,5 x 25 mm CBJ adalah 29,7 mm, berat proyektil 2 gram dan berat total 7,5 gram. Jarak tembak peluru mencapai 400 meter[3], .

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]