Hashimoto Gahō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hashimoto Gaho
Lahir(1835-08-21)21 Agustus 1835
Tokyo
Meninggal13 Januari 1908(1908-01-13) (umur 72)
Tokyo, Jepang
PekerjaanPelukis

Hashimoto Gahō (橋本 雅邦, 21 Agustus 1835 – 13 Januari 1908) adalah seorang pelukis asal Jepang. Dia merupakan salah satu pelukis terakhir melukis dengan gaya Kanō. Dia adalah salah satu dari lima pelukis pertama yang ditunjuk menjadi bagian dari Imperial Household Artist dan merupakan salah satu pelukis paling berwibawa di Jepang saat itu.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

White mangrove (白雲紅樹). Lukisan Gaho di Universitas Seni Tokyo

Lahir di Edo, dia belajar melukis di Kanō Shōsen'in, juga dipengaruhi oleh karya Kanō Hōgai. Dia menciptakan banyak karya dalam gaya tradisional Kanō, menggunakan warna dan emas, atau tinta hitam monokrom. Tetapi meskipun lukisannya sangat banyak merupakan karya seorang tradisionalis, menggunakan metode tradisional dan menggambarkan subjek tradisional, Gahō, seperti Kanō Hōgai, memasukkan unsur seni Barat juga. Sapuan kuas, berbagai jenis detailing, dan khususnya, upaya penggambaran perspektif yang tepat terlihat jelas dalam lukisan Gah dan banyak lukisan lainnya pada periode ini.

Dia membuka studionya sendiri pada tahun 1860, tetapi gejolak politik dan ekonomi di sekitar Restorasi Meiji memaksa Gahō untuk mencari penghasilan dengan cara lain selain dengan menjual seni rupa. Dia membuat peta untuk Akademi Angkatan Laut, melukis pada penggemar, dan menggunakan keahliannya dalam berbagai cara lain untuk mencari nafkah.

Gaho diundang pada tahun 1884, oleh Okakura Kakuz, untuk menjadi kepala profesor seni lukis di Tōkyō Bijutsu Gakkō (東京 美術, sekarang Universitas Seni Tokyo) yang akan dibuka lima tahun kemudian. Pada tahun 1898, Gahō bergabung dengan Okakura meninggalkan Bijutsu Gakkō, dan mendirikan Akademi Seni Rupa Jepang (日本 子術 院, Nihon Bijutsuin). Dia mengajar di sana sampai kematiannya pada tahun 1908.

Sebagai hasil dari posisinya sebagai kepala profesor lukisan, Gahō memiliki sejumlah murid penting, termasuk Yokoyama Taikan dan Kawai Gyokudō.

Karya[sunting | sunting sumber]

Dragon against tiger. Colour on silk, 1899. Museum of the Imperial Collections

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Baekeland, Freddy (1885). "Hashimoto Gahō." Kodansha Encyclopedia of Japan. Tokyo: Kodansha Ltd.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Hashimoto Gahō di Wikimedia Commons

  1. ^ Kotobank, Hashimoto Gahō. The Asahi Shimbun