Harta (majalah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Harta
Edisi pertama majalah Harta versi baru yang menampilkan sebuah ilustrasi orisinal
KategoriSeinen
FrekuensiSepuluh edisi per tahun
PenerbitEnterbrain
Terbitan pertama14 Oktober 2008 (sebagai Fellows!)
13 Februari 2013 (sebagai Harta)
NegaraJepang
BahasaJepang

Harta (ハルタ, Haruta) adalah sebuah majalah manga seinen Jepang yang diterbitkan oleh Enterbrain. Diterbitkan pertama kali pada tahun 2008, majalah ini pada awalnya bernama Fellows! dan diterbitkan dengan frekuensi publikasi dwibulanan. Pada bulan Desember 2012, Enterbrain mengumumkan perubahan untuk majalah ini, dimulai dari edisi bulan Februari 2013 yang berganti nama dari Fellows! menjadi Harta. Perubahan ini sekaligus mengubah frekuensi penerbitan dari dwibulanan menjadi sepuluh edisi per tahun sejak bulan Februari hingga Agustus dan kemudian dari bulan Oktober hingga Desember.[1] Namanya terinspirasi dari kata "Harta" dalam bahasa Indonesia, yang berarti harta karun.[2]

Tidak seperti kebanyakan majalah manga di Jepang yang sampulnya menampilkan serangkaian seri manga yang saat ini dimuat dalam majalah, setiap edisi sejak majalah ini masih bernama Fellows! menampilkan ilustrasi orisinal karya seniman yang berbeda, dan kebiasaan ini masih dilanjutkan meski namanya sudah diganti menjadi Harta.

Seri yang dimuat[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Loo, Egan (16 Desember 2012). "Fellows! Manga Magazine Renamed as harta". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-19. Diakses tanggal 3 Januari 2019. 
  2. ^ "誌名改めFellows!からハルタへ!リニューアルで年10回刊に". Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). 15 Desember 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-28. Diakses tanggal 11 Februari 2019.