Harian Jakarta Shimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Harian Jakarta Shimbun
Cuplikan berita pada Harian Jakarta Shimbun edisi 5 November 2012 tentang acara IkuZo! Gakuensai 2012
Kategori Sejarah, budaya, dan gaya hidup.
Frekuensi Harian
Sirkulasi 4000 oplah
Penerbit PT Bina Komunika Asiatama
Terbitan pertama 6 November 1998
Negara Indonesia
Kantor pusat Jakarta
Bahasa Bahasa Jepang
Situs web jakartashimbun.com

The Daily Jakarta Shimbun atau Harian Jakarta Shimbun adalah koran berbahasa Jepang satu-satunya yang terbit di Indonesia.[1] Surat kabar ini diterbitkan oleh PT. Bina Komunika Asiatama yang berpusat di Jakarta.[2] Pemberitaan yang dimuat dalam harian Jakarta Shimbun ditulis dengan menggunakan huruf kanji[3]. Harian Jakarta Shimbun memiliki anak cabang yang menerbitkan tabloid bulanan Halo Jepang![4].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 6 November 1998, seorang jurnalis berkebangsaan Jepang bernama Yasuo Kusano mendirikan surat kabar ini.[1] Yasuo merupakan mantan kepala biro Mainichi Shimbun di Jakarta sejak tahun 1981 hingga 1986.[1] Yasuo kembali ke Indonesia sejak dijatuhkannya pemerintahan Soeharto yang menandakan kemerdekaan bagi pers di Indonesia.[1] Yasuo kemudian mendirikan harian Jakarta Shimbun yang ditujukan untuk memuat berita liputan mendalam tentang era baru demokrasi Indonesia kepada pembaca berbahasa Jepang. Pada awalnya, Harian Jakarta Shimbun terjual sebanyak 50 oplah.[1]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, harian Jakarta Shimbun hanya terjual sebanyak 50 oplah[3]. Kini harian Jakarta Shimbun telah terjual sebanyak 4000 oplah yang disebarkan untuk 11.400 warga negara Jepang yang tinggal di Indonesia[1][3]. Surat kabar ini juga mendistribusikan salinannya untuk warga Indonesia yang belajar bahasa Jepang di Perguruan Tinggi dan Pusat Bahasa Jepang[1]. Selain itu, harian Jakarta Shimbun juga bekerja sama dengan Garuda Indonesia dalam melayani penerbangan untuk wisatawan Jepang[1]. Selain melalui media cetak, Harian Jakarta Shimbun menayangkan beritanya melalui laman resminya di Internet[3].

Isi[sunting | sunting sumber]

Surat kabar The Daily Jakarta Shimbun terbit setiap hari sebanyak delapan halaman, dan empat halaman tambahan bertema gaya hidup yang terbit setiap jumat[1]. Berita dalam suarat kabar harian Jakarta Shimbun mencakup tentang sejarah dan budaya Indonesia[1]. Surat kabar ini memiliki misi untuk memberikan berita yang akurat tentang Indonesia kepada komunitas Jepang dan masyarakat Internasional[1].

Further reading[sunting | sunting sumber]

  • 東 敬生. マスメディア・ウオッチング インドネシア「じゃかるた新聞」 邦人社会のコミュニティー紙目指す. World Affairs Weekly (世界週報) 82(20), 32, 2001-05-29. 時事通信社. See profile at CiNii.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k (Inggris) The Jakarta Post. "Jakarta Shimbun: A Bridge to Indonesia". Diakses tanggal 21-Januari-2015. 
  2. ^ The Daily Jakarta Shimbun. "Company". Diakses tanggal 21-Januari-2015. 
  3. ^ a b c d (Indonesia) Kabar Indonesia. "Pimred Jepang Kusano Yasuo: Saya senang dengan Pak SBY". Diakses tanggal 21-Januari-2015. 
  4. ^ (Indonesia) Halo Jepang. "Info Perusahaan". Diakses tanggal 21-Januari-2015.