Hari libur di Kamboja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kamboja memiliki banyak hari libur, termasuk hari peringatan dan hari raya keagamaan yang berasal dari agama Buddha. Kalender tradisional Khmer, dikenal sebagai ចន្ទគតិ Chântôkôtĕ, adalah kalender lunisolar meskipun kata itu sendiri berarti kalender bulan. Meskipun kalender didasarkan pada pergerakan bulan, tanggal kalender juga disinkronkan dengan tahun matahari agar musim tidak berubah.[1]

Oleh karena itu, beberapa hari libur dapat berubah setiap tahun berdasarkan kalender lunar.[2] Pemerintah telah mengumumkan rencana untuk mengurangi hari libur nasional setidaknya tujuh hari mulai tahun 2020.[3]

Hari libur[sunting | sunting sumber]

Nama Tanggal Catatan
Hari Tahun Baru
ទិវាបុណ្យចូលឆ្នាំសកល
1 Januari[2] Merayakan awal Tahun Baru Gregorian.
Hari Kemenangan Atas Genosida
ទិវាជ័យជម្នះលើរបបប្រល័យពូជសាសន៍
7 Januari[2] Memperingati berakhirnya rezim Khmer Merah pada tahun 1979[4]
Hari Perempuan Internasional
ទិវានារីអន្តរជាតិ
8 Maret[2] Memperingati sejarah wanita di seluruh dunia
Tahun Baru Kamboja
ពិធីបុណ្យចូលឆ្នាំថ្មី ប្រពៃណីជាតិ
13–15 April[2] Tahun Baru matahari tradisional Kamboja berlangsung selama tiga hari dan dianggap sebagai festival terpenting dalam kalender.
Visakh Bochea[2]ពិធីបុណ្យវិសាខបូជា Berubah, April atau Mei Ketaatan umat Buddha untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Buddha
Hari Buruh
ទិវាពលកម្មអន្តរជាតិ
1 Mei[2] Merayakan pencapaian ekonomi dan sosial para pekerja
Upacara Musim Tanam Kerajaan
ព្រះរាជពិធីច្រត់ព្រះនង្គ័ល
Berubah, April atau Mei Sesuai dengan awal musim tanam
Ulang Tahun Raja Sihamoni
ព្រះរាជពិធីបុណ្យចម្រើនព្រះជន្មព្រះករុណាព្រះបាទសម្ដេចព្រះបរមនាថ នរោត្ដម សីហមុនី
14 Mei[2] Merayakan hari lahir Raja Norodom Sihamoni pada tanggal 14 Mei 1953.
Hari Peringatan Nasional
ទិវាជាតិនៃការចងចាំ
20 Mei[2] Memperingati genosida Kamboja dari rezim Khmer Merah yang memerintah negara itu antara tahun 1975 dan 1979.
Ulang Tahun Ibu Suri
ព្រះរាជពិធីបុណ្យចម្រើនព្រះជន្មព្រះមហាក្សត្រី នរោត្ដម មុនីនាថ សីហនុ
June 18 Merayakan hari lahir Ibu Suri Norodom Monineath pada 18 Juni 1936.
Hari Konstitusi
ទិវាប្រកាសរដ្ឋធម្មនុញ្ញ
24 September[2] Memperingati penandatanganan konstitusi Kamboja oleh Raja Norodom Sihanouk.
Pchum Ben
ពិធីបុណ្យភ្ជុំបិណ្ឌ
3 hari[2]
Berubah, September atau Oktober
Hari libur nasional ini ditetapkan bagi umat Buddha untuk memberikan penghormatan kepada kerabat yang telah meninggal dengan memasak makanan untuk para biksu dan memberikan persembahan kepada "hantu" kerabat yang telah meninggal. Itu juga dikenal sebagai "Hari Leluhur".
Peringatan Hari Ayah Raja
ព្រះរាជពិធីគោរពព្រះវិញ្ញាណក្ខន្ធព្រះករុណាព្រះបាទសម្ដេចព្រះ នរោត្ដម សីហនុ
15 Oktober Memperingati Raja Norodom Sihanouk, bapak pendiri Kamboja merdeka, yang meninggal pada hari ini di tahun 2012.
Hari Penobatan Raja Sihamoni
ព្រះរាជពិធីគ្រងព្រះបរមរាជសម្បត្តិរបស់ព្រះករុណាព្រះបាទសម្ដេចព្រះបរមនាថ នរោត្ដម សីហមុនី
29 Oktober[2] Memperingati penobatan Raja Sihamoni tahun 2004.
Hari Kemerdekaan
ទិវាបុណ្យឯករាជ្យជាតិ
9 November[2] Merayakan kemerdekaan Kamboja dari Prancis pada tahun 1953.
Festival Air
ពិធីបុណ្យអុំទូក បណ្ដែតប្រទីប អកអំបុក និងសំពះព្រះខែ
3 hari[2]
Berubah, Oktober atau November
Memperingati prajurit angkatan laut Kamboja kuno di bawah Raja Jayawarman VII selama Kekaisaran Khmer.

Festival lainnya[sunting | sunting sumber]

Nama Tanggal Catatan
Festival Adonan Sokheng November atau Desember Tepat satu bulan setelah Festival Air, Festival Layang-layang mengikuti dan mempertemukan para pembuat layang-layang untuk menunjukkan bakat mereka di malam bulan purnama Maksir, bulan pertama kalender lunar Khmer, yang biasanya jatuh pada bulan November atau Desember. Bagi orang Khmer, hari raya itu berarti suatu kesempatan berdoa untuk cuaca yang baik, hasil panen yang baik, dan situasi yang menguntungkan yang bebas dari kerusakan akibat banjir atau hujan lebat. Dalam cerita rakyat Khmer, layang-layang selalu melambangkan banyak hal. Banyak penduduk setempat mengadakan Festival Layang-Layang setiap tahun dan mengharapkan perdamaian, kebebasan, dan kebahagiaan bagi semua orang.[5]
Festival Ulat Sutra September Festival ini diadakan pada hari bulan purnama di bulan September setiap tahun. Tradisi itu hampir menghilang dalam perang saudara yang panjang. Dan tradisi dihidupkan kembali oleh tangan para wanita tua berpengalaman yang sedikit menyimpan kenangan. Ini adalah festival untuk merayakan sejarah panjang tekstil sutra Kamboja.[6]
Festival Tahun Baru Imlek Januari atau Februari Tahun Baru Imlek, atau Festival Musim Semi, telah dirayakan secara luas di Kamboja berkat penghormatan negara terhadap keragaman budaya dan hubungan erat antara masyarakat kedua negara.[7] Itu sering dirayakan oleh warga Kamboja tanpa memandang latar belakang etnis karena diyakini secara umum bahwa festival itu membawa keberuntungan. Barongsai atau "Mong Say" seperti yang disebut oleh penduduk setempat sering terlihat di seluruh negeri dan banyak bisnis tutup karena keluarga pulang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga mereka.
Hei Neak Ta Januari atau Februari Dikenal sebagai Hei Neak Ta, atau Spirit Parade, festival ini diadakan setiap tahun untuk menandai akhir resmi perayaan Tahun Baru Imlek dengan cara Khmer yang unik. Meskipun hari raya ini dikenal sebagai festival Lampion di bagian lain Asia, dan dirayakan hanya pada hari ke-15 kalender lunar, perayaan di Kamboja dapat berlangsung selama tiga hingga empat hari dan sering kali menampilkan parade yang rumit dengan berbagai media peringatan.
Festival Pertengahan Musim Gugur September atau Oktober Lebih umum disebut "Festival Bulan Purnama" oleh penduduk setempat (karena Kamboja tidak memiliki musim gugur). Orang Kamboja menyelenggarakan "festival tradisional sujud bulan".[8] Di pagi hari itu, masyarakat mulai menyiapkan kurban untuk menyembah bulan, antara lain bunga segar, sop singkong, nasi pipih, dan air tebu. Pada malam hari, orang-orang meletakkan kurban ke dalam nampan, meletakkannya di atas tikar besar, dan duduk santai menunggu bulan. Ketika bulan terbit di atas cabang, semua orang dengan sepenuh hati memuja bulan, memohon berkah.

Setelah ritual pemujaan bulan, orang tua mengambil nasi pipih untuk dimasukkan ke dalam mulut anak-anak sampai kenyang untuk menyembur untuk kesempurnaan, dan hal-hal yang baik. Meskipun ini adalah festival Tionghoa, banyak orang Kamboja merayakan festival ini karena diyakini bahwa bertukar kue bulan selama ini dianggap membawa keberuntungan dan kemakmuran. Di antara orang Kamboja, liburan ini dikaitkan dengan kepercayaan Khmer tentang "Berdoa ke Bulan" dan legenda Buddha tentang kelinci.

Festival Qingming April Festival Qingming, juga dikenal sebagai Hari Menyapu Makam (atau "Chheng Meng di antara penduduk lokal Khmer), adalah festival Tiongkok ketika orang membawa makanan dan minuman ke makam leluhur mereka. Di Kamboja, festival ini sebagian besar dikaitkan dengan Festival Pchum Ben dan terutama merupakan kesempatan bagi orang untuk berdoa meminta kebahagiaan, kesuksesan dan promosi jabatan.[9]
Parade Boneka Siem Reap Februari Sebuah festival yang dirayakan di Siem Reap yang memperingati kemampuan artistik penduduk setempat di daerah tersebut. Ini menunjukkan tampilan besar wayang raksasa serta menampilkan pertunjukan wayang kulit tradisional. Ini pertama kali dimulai pada tahun 2007 dan sejak itu mendapatkan popularitas yang meluas.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Khmer Calendar". www.cam-cc.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-30. Diakses tanggal 2023-01-07. 
  2. ^ a b c d e f g h i j k l m n "List Of Public Holidays in 2021". International Business Chamber Cambodia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-05. Diakses tanggal 5 January 2021. 
  3. ^ "PM: Holidays may be cut as 'reforms' near". The Phnom Penh Post. March 28, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-27. Diakses tanggal 2023-01-07. 
  4. ^ "When Peace Is Controversial: Cambodia Celebrates "Victory over Genocide Day"". The Organization for World Peace. January 9, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-07. Diakses tanggal 5 January 2021. 
  5. ^ "Khmer Belief in Kite Flying | Drachen Foundation". Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2015. Diakses tanggal February 5, 2015. 
  6. ^ "Silkworm Festival – IKTT (Institute for Khmer Traditional Textiles), from SiemReap Cambodia". iktt.esprit-libre.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-07. Diakses tanggal 2023-01-07. 
  7. ^ "Chinese New Year 2nd largest celebration in Cambodia – Headlines, features, photo and videos from ecns.cn|china|news|chinanews|ecns|cns". www.ecns.cn. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-07. Diakses tanggal 2023-01-07. 
  8. ^ "Tettrungthu2013". Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2015. Diakses tanggal February 5, 2015. 
  9. ^ "Qingming Festival – The Cambodia Herald". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-14. Diakses tanggal 2023-01-07. 
  10. ^ Miles, Craig. "Khmer focus in giant puppet parade | Phnom Penh Post". www.phnompenhpost.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-07. Diakses tanggal 2023-01-07.