Hari Kemerdekaan Kamboja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hari Kemerdekaan
បុណ្យឯករាជ្យជាតិ
Dirayakan oleh Kamboja
JenisKebangsaan
MaknaMemperingati hari Proklamasi Kemerdekaan dari Perancis
Tanggal9 November
FrekuensiTahunan

Hari Kemerdekaan (Bahasa Khmer: បុណ្យឯករាជ្យជាតិ) adalah hari libur nasional yang diperingati setiap tahun di Kamboja setiap 9 November. Tanggal tersebut merayakan Proklamasi Kemerdekaan Kamboja dari Prancis pada 9 November 1953. Tempat untuk merayakan upacara tersebut adalah di Monumen Kemerdekaan. Perayaan penting diadakan di ibu kota, Phnom Penh meskipun ada beberapa perayaan di banyak provinsi.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Prancis mulai menguasai Kamboja pada tahun 1863. Setelah dijajah sekitar 80 tahun, Raja Norodom Sihanouk mulai mengklaim kemerdekaan dari Prancis pada tahun 1949. Pada tahun 1953, ia berhasil memperoleh kemerdekaan penuh, dan Prancis setuju untuk mendekolonisasi seluruh negeri. Karena prestasi ini, warga Kamboja memandangnya sebagai "bapak kemerdekaan (ព្រះមហាវីរបុរសជាតិ – ព្រះបិតាឯករាជ្យជាតិ)",[2] yang menggambarkan bahwa ia adalah pahlawan negara. Dia membantu membuat negara berkembang pesat.

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Setiap tahun, Hari Kemerdekaan adalah hari yang sangat istimewa dan membahagiakan bagi seluruh bangsa. Ini menggambarkan keberhasilan Khmer atas penjajahan. Ini dirayakan[3] di banyak tempat di seluruh negeri, dan yang benar-benar penting terjadi di Monumen Kemerdekaan (វិមានឯករាជ្យ) di Phnom Penh.

Pada hari itu, semua pemimpin dan perwakilan organisasi negara dan departemen publik harus berpartisipasi dan merayakan upacara formal di pagi hari. Biasanya jalan di sekitar Tugu Kemerdekaan ditutup untuk memberikan ruang bagi upacara. Seluruh upacara disiarkan di televisi dan radio nasional. Saluran lain juga menyiarkannya dari TV Nasional. Oleh karena itu, orang-orang di seluruh negeri dapat menontonnya.

Setiap istana negara dihiasi dengan beberapa slogan yang berkaitan dengan kemerdekaan Kamboja, dan lampu-lampu. Pada malam hari, ada kembang api di Sungai Chatomuk (ទន្លេចតុមុខ) yang terletak di depan Istana Kerajaan. Karena ini hari libur, banyak orang keluar untuk melihat acara itu di depan Royal Palace dan area Chroy Changvar, yang berseberangan dengan Istana Kerajaan.

Upacara pagi hari menampilkan pengibaran bendera nasional dan menyalakan obor peringatan di Monumen Kemerdekaan, yang dipimpin oleh Raja Kamboja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cambodian Independence Day". Officeholidays. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-05. Diakses tanggal 18 November 2017. 
  2. ^ "Background of Cambodian Independence Day". Sem Rithy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 May 2018. Diakses tanggal 28 November 2017. 
  3. ^ "Cambodian Independence Day in Ratanakiri". 9 November 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-09. Diakses tanggal 28 November 2017.