Lompat ke isi

Hari Yoga Sedunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hari Yoga Sedunia atau Hari Yoga Internasional merupakan perayaan tahunan yang jatuh tiap tanggal 21 Juni. Mula-mula diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), perayaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang manfaat fisik, mental, dan spiritual dari berlatih yoga. Selain itu, perayaan tersebut juga mendorong penanaman latihan meditasi teratur untuk mengembangkan kejernihan mental.

Pada 11 Desember 2014, PBB memproklamasikan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional. Ide ini pertama kali diusung oleh Perdana Menteri India Narendra Modi pada 27 September 2014, saat pidatonya di Majelis Umum PBB. Tanggal 21 Juni dipilih karena merupakan titik balik matahari musim panas, hari ketika matahari paling banyak keluar dibanding hari lainnya dalam setahun. Ide tersebut mendapat dukungan dari 177 negara.

Satu tahun kemudian, pada 21 Juni 2015, hampir 36 ribu orang, termasuk Perdana Menteri Modi, dan banyak tokoh politik terkenal lainnya dari seluruh dunia, melakukan 21 asana, yakni postur yoga, selama 35 menit di New Delhi pada Hari Yoga Internasional pertama.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]