Hari Santo Knud

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hari St. Knut)
Hari Santo Knud
Nama laintjugondedag jul, tjugondag Knut, nuutinpäivä, nuuttipukki, Knutmasso[1]
Dirayakan olehSwedia, Finlandia
Tanggal13 Januari
SelanjutnyaKesalahan ekspresi: Operator < tak terduga
Frekuensiannual

Hari Santo Knud atau tjugondedag jul (dibaca: syugondag yul) atau nuutinpäivä, adalah perayaan tradisional yang dirayakan di Swedia dan Finlandia setiap tahunnya pada tanggal 13 Januari. Perayaan ini tidak dirayakan di Denmark, walaupun perayaan ini menggunakan nama seorang pangeran Denmark, Knud Levard, dan kemudian juga diasosiasikan dengan paman dari pangeran tersebut, Knud sang Santo, seorang santo pelindung Denmark.[2] Pada hari ini, Pohon-pohon Natal dicopot dan kue-kue dan permen-permen yang menghiasi pohon Natal dimakan.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Knud Levard adalah seorang duke (sejenis bangsawan) dari Denmark yang dibunuh oleh sepupu dan lawannya, Magnus Nilsson, pada tanggal 7 Januari 1131, agar Magnus dapat merebut tahta Denmark.[3][4] Setelah kematiannya, meletuslah sebuah perang sipil, yang kemudian membuat Knud dideklarasi sebagai seorang santo. Lalu, tanggal 7 Januari menjadi Hari Santo Knud, sebuah name day.

Karena name day Knud bersamaan dengan Hari Penampakan, kadang Hari Santo Knud dan Hari Penampaan dianggap berderajat sama. Pada tahun 1680, Hari Santo Knud dipindah ke tanggal 13 Januari, dan kemudian dikenal sebagai Tjugondag Knut atau Tjudondedag Jul.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Swedia) http://www.knutmasso.se Diarsipkan 2023-06-02 di Wayback Machine.
  2. ^ ["(Inggris) The murder at Haraldsted". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-16. Diakses tanggal 2015-01-13.  (Inggris) The murder at Haraldsted]
  3. ^ (Denmark) Bricka, Carl Frederik, Dansk Biografisk Lexikon, vol. XI [Maar - Müllner], 1897, pp.45. Tersedia daring Diarsipkan 2017-01-25 di Wayback Machine.
  4. ^ a b af Klintberg, Bengt. The Names of the Calendar.