Hari Pahlawan (Indonesia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hari Pahlawan
Pertempuran Surabaya pada tahun 1945
Pertempuran Surabaya pada tahun 1945
Dirayakan oleh Indonesia
Kegiatan
  • Karnaval veteran
  • Bakti sosial
  • Festival kebangsaan
  • Berkunjung ke TMP
  • Berkunjung ke museum
Tanggal10 November
Frekuensitahunan
Terkait denganResolusi Jihad
Tugu Pahlawan, sebuah monumen untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang pada Pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya
Tugu Pahlawan, sebuah monumen untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang pada Pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia.[1] Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945,[2] di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.[3] Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Kronologi[sunting | sunting sumber]

Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan. Pasukan sekutu mendapatkan perlawanan dari pasukan dan milisi Indonesia.

Selain Bung Tomo terdapat pula tokoh-tokoh berpengaruh lain dalam menggerakkan rakyat Surabaya pada masa itu, beberapa datang dari latar belakang agama seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah serta kyai-kyai pesantren lainnya juga mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat sipil sebagai milisi perlawanan (pada waktu itu masyarakat tidak begitu patuh kepada pemerintahan tetapi mereka lebih patuh dan taat kepada para kyai/ulama) sehingga perlawanan pihak Indonesia berlangsung alot, dari hari ke hari, hingga dari minggu ke minggu lainnya. Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran ini mencapai waktu sekitar tiga minggu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) A Tribute to Our Nation’s Veterans Diarsipkan 2014-11-09 di Wayback Machine.. thejakartaglobe.beritasatu.com. Diakses 9 November 2014.
  2. ^ (Inggris) Who are real heroes of Indonesia?. www.thejakartapost.com. Diakses 9 November 2014.
  3. ^ (Inggris) Indonesia in search for heroes. www.thejakartapost.com. Diakses 9 November 2014.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]