Hari Laut Sedunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hari Laut Sedunia
Matahari terbenam diihat dari Laut Putih
Nama resmiWorld Oceans Day
Dirayakan olehSeluruh negara anggota PBB
Tanggal8 Juni
FrekuensiSetiap tahun

Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. Hari peringatan ini lalu disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.[1] Sejak tahun 2003, The Ocean Project telah mengoordinasikan hari peringatan ini dengan mengumpulkan para peserta setiap tahun.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan dan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri. Laut itu juga menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional. Polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan telah menyebabkan populasi ikan berkurang dengan drastis. Hari peringatan ini juga memberikan kesempatan berbeda untuk menyelenggarakan aksi komunitas dan personal untuk menjaga samudra dan hasil di dalamnya.

The Ocean Project, bekerja sama dengan World Ocean Network, Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium, dan rekan lain dalam jaringan dengan 2.000 organisasi di dalamnya telah mempromosikan Hari Laut Sedunia sejak tahun 2003. Acara Hari Samudra Sedunia melingkupi serangkaian aktivitas dan tindakan, seperti eksplorasi luar ruangan khusus, pembersihan pantai, program pendidikan dan aksi, kontes seni, festival film, dan acara makanan laut yang berkelanjutan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "June 8th is World Oceans Day – It's time to take action for the ocean!". The Ocean Project (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-22. Diakses tanggal 8 Juni 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • "World Oceans Day - 8 June". un.org (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-21. Diakses tanggal 8 Juni 2016. 
  • "World Oceans Day". worldoceansday.org (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-24. Diakses tanggal 8 Juni 2016.