Hari Kemerdekaan (Bosnia dan Herzegovina)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hari Kemerdekaan
Vječna vatra dihiasi dengan bendera Bosnia pada Hari Kemerdekaan 2019
Nama resmiHari Kemerdekaan Bosnia dan Herzegovina
Dirayakan olehFederasi Bosnia dan Herzegovina
JenisPGPG
MaknaHari ketika warga negara Bosnia dan Herzegovina memilih kemerdekaan pada referendum kemerdekaan pada tahun 1992..[1]
PerayaanTari, konser
Tanggal1 Maret
Frekuensitahunan

Hari Kemerdekaan Bosnia dan Herzegovina (bahasa Bosnia: Dan nezavisnosti Bosne i Hercegovine) adalah hari libur umum yang diamati oleh Federasi Bosnia dan Herzegovina yang diadakan pada 1 Maret untuk merayakan kemerdekaan Bosnia dan Herzegovina dari Republik Federal Sosialis Yugoslavia.

Warga Republik Sosialis Bosnia dan Herzegovina memilih kemerdekaan Bosnia dan Herzegovina pada referendum yang diadakan antara 29 Februari dan 1 Maret 1992. Pertanyaan referendum adalah: "Apakah Anda mendukung Bosnia-Herzegovina yang merdeka dan berdaulat, negara di mana rakyat dan bangsa Bosniak, Serbia, Kroasia, dan lainnya yang tinggal di dalamnya setara?" Opsi kemerdekaan dipilih oleh pemilih Bosnia dan Kroat Bosnia, sementara Serbia Bosnia (kecuali yang di kota-kota besar) memboikotnya atau dicegah untuk berpartisipasi oleh otoritas Serbia Bosnia. Total partisipasi pemilih adalah 63,6% di mana 99,7% memilih kemerdekaan Bosnia dan Herzegovina.

Hasil referendum diterima pada 6 Maret oleh Parlemen Bosnia dan Herzegovina. Pada 7 April 1992, Komunitas Eropa mengakui Bosnia dan Herzegovina sebagai negara merdeka. Parlemen Federasi Bosnia dan Herzegovina (parlemen Federasi Bosnia-Kroasia) kemudian membuat keputusan pada 28 Februari 1995 bahwa 1 Maret menjadi Hari Kemerdekaan Bosnia dan Herzegovina dan hari libur nasional.[2] Dua hari kemudian, pada 1 Maret 1995, Hari Kemerdekaan diperingati untuk pertama kalinya.

Hari Kemerdekaan Bosnia dan Herzegovina dirayakan hanya di Federasi Bosnia dan Herzegovina, sementara Republika Srpska memboikot liburan ini dan merayakan Hari Kemerdekaannya sendiri pada 9 Januari. Milorad Dodik, Presiden Republika Srpska, telah mengklaim bahwa Hari Kemerdekaan "adalah hari libur rakyat Bosnia dan kami tidak mempersoalkannya, tetapi ini bukan hari libur yang dirayakan di RS".[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Batnes et al. 2003, hlm. 608.
  2. ^ "Danas je Dan nezavisnosti BiH" (dalam bahasa Bosnian). Radio Sarajevo. 1 March 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2015. Diakses tanggal 1 March 2012. 
  3. ^ Kaletovic, Bedrana (3 March 2012). "BiH marks independence, but not all celebrate". Southeast European Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 April 2012. Diakses tanggal 3 April 2012.