Hari Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hari Australia
Australia Day.jpg
Pelabuhan Sydney pada Hari Australia, 2004
Nama lainHari Pendirian, Survival Day, Hari Penjajahan
Dirayakan olehWarga negara Australia, pemukim dan ekspatriat
JenisNasional
MaknaHari pendaratan kapal First Fleet di Port Jackson pada tahun 1788
KegiatanPertemuan keluarga, kembang api, piknik dan barbeku; parade; upacara kewarganegaraan; Gelar kehormatan Hari Australia; presentasi Australian of the Year
Tanggal26 Januari
Frekuensitahunan

Hari Australia (bahasa Inggris: Australia Day) ialah hari kebangsaan resmi di Australia. Hari Australia memperingari tibanya Armada Pertama di Sydney pada tahun 1788. Hari Australia diperingati pada tanggal 26 Januari dan dapat dibandingkan dengan Hari Kanada di Kanada. Suku-suku Aborigin menentang perayaan Hari Australia, dan menyebutnya sebagai Hari Penjajahan (bahasa Inggris: Invasion Day),[1] karena memandangnya sebagai peringatan penghancuran budaya setempat. Di Australia, Hari Australia merupakan hari libur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Januari 1788, Kapten Arthur Phillip mengklaim secara resmi koloni New South Wales di bawah Britania Raya.

Sejak tahun 1808, hari itu telah diperingati sebagai hari raya. Pada tahun 1818 (hari peringatan 30 tahun pendaratan), para pegawai negeri menerima libur pertama dari perayaan tersebut. Dengan cepat tradisi tersebut diikuti oleh bank dan lembaga umum lainnya.

Pada tahun 1888, semua ibu kota negara bagian di Australia (selain Adelaide) memperingati Hari Australia. Sejak tahun 1935, Hari Australia diperingati di seluruh negara bagian. pemerintah Persemakmuran dan negara memutuskan pada tahun 1946 untuk menyeragamkan dan kemudian hari tersebut diperingati sebagai Hari Australia di seluruh negeri pada hari Senin yang paling dekat dengan 26 Januari. Pada tahun 1994, hari tersebut menjadi hari raya umum resmi di seluruh negeri.

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]