Harald Dahl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Harald Dahl adalah ayah dari seorang penulis terkenal Roald Dahl yang berasal dari Norwegia. Ia berprofesi sebagai pengusaha batu bara (sebagai bahan bakar kapal) saat bermigrasi ke Cardiff, Wales Selatan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Keluarga Dahl di Norwegia memiliki toko kelontong yang besar di Sapsborg dan mereka cukup makmur. Namun Harald Dahl bersama adiknya Oscar tidak suka tinggal di kota kecil, mereka memutuskan untuk meninggalkan Norwegia dengan impian meraih kekayaan dan kesuksesan yang besar. Ayah mereka tidak merestui impian mereka untuk pergi, dan mereka melarikan diri dengan menumpang kapal barang dan tiba di Prancis.

Setibanya disana Harld Dahl dan adiknya Oscar berpisah. Harald Dahl dan istri pertamanya, Marie, tertarik akan bisnis batu bara sebagai bahan bakar utama untuk kapal dan memutuskan untuk pindah ke Cardiff, Wales Selatan, karena di Cardiff saat itu merupakan tambang batubara terbesar di dunia.

Setelah istrinya meninggal saat melahirkan anak kedua, Harald pun pulang ke Norwegia dan bertemu dengan Sofie Magdalene Hesselberg. Mereka menikah, dan memiliki tambahan empat anak; Astri, Ellen, Roald, Alfihd, ditambah dua anak dari perkawinan yang terdahulu maka total mereka memiliki enam anak.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1920 saat Roald berusia 3 tahun, kakak perempuannya Asti yang berumur 7 tahun meninggal dunia karena usus buntu.

Sebulan kemudian ayahnya, Harald Dahl, terkena radang paru-paru. Dibebani sakit dan sedih yang berkepanjangan atas meninggalnya putri kesayangannya. Harald tidak memiliki semangat untuk terus berjuang hidup dan melawan penyakitnya, ia pun meninggal dunia di umur 57 tahun.