Hapsari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hapsari (Himpunan Serikat Perempuan Indonesia) adalah organisasi pemberdayaan perempuan dan melakukan advokasi terkait kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, termasuk kekerasan dalam rumah tangga. Hapsari didirikan pada 14 Maret 1990 di Desa Sukasari, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Hapsari awalnya merupakan sanggar belajar anak bernama “Harapan Desa Sukasari”. Hapsari melakukan kerja sama dengan dua sekolah tingkat SMA dan aliah untuk melindungi para siswi dari ancaman kekerasan dalam pacaran, mengenalkan konsep kekerasan seksual terhadap perempuan, dan membangun kepedulian dan berpihak pada korban kekerasan perempuan. Hapsari menyelenggarakan pendidikan nonformal, berupa pelatihan kepemimpinan, paralegal penghapusan kekeresan perempuan, dan fasilitator bertujuan membangun kesadaran dan kepedulian perempuan di desa-desa di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Labuhan Batu.[1]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Hapsari memiliki prestasi antara lain dalam praktik baik di akar rumput dari Kementerian PPPA (2019), penyelenggaraan pendidikan non-formal “Kelapa Muda” dari gubernur Sumatera Utara (2021) dan gender champion kepada pimpinan Hapsari, Lely Zailani dari bupati Deli Serdang (2021).[1] Hapsari merancang program Kampung Nusa (Nutrisi Keluarga) di Labuhan Batu, Sumatera Utara.[2] Kampung Nusa adalah suatu konsep memperkuat ketahanan iklim (mulai dari rumah tangga) dengan membuat Rumah-rumah Nusa untuk menjawab permasalahan krisis iklim melalui penguatan ketahanan pangan rumah tangga dengan menanam berbagai jenis tanaman sumber nutrisi, sumber pangan non beras, hingga sumber obat-obatan tradisional untuk keluarga.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Inspiring Women 2022 : Hapsari". www.beritasatu.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-12. Diakses tanggal 2023-03-12. 
  2. ^ "Kampung Nusa, Gagasan Kolaboratif HAPSARI untuk Inovasi Labuhanbatu". Analisadaily.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-12. Diakses tanggal 2023-03-12. 
  3. ^ "HAPSARI Perkuat Aksi Kolaboratif Untuk Ketahanan Iklim di Sumatera Utara". Mencerdaskan Ummat - harian9.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-12. Diakses tanggal 2023-03-12.