Hans Osara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hans Larsson Osara (Bahasa Finlandia: Hannu Laurinpoika; c. 1560 - 1601) adalah letnan dalam Perang Cudgel pada akhir abad ke-16. Dia juga kepala unit militer Klaus Fleming di Hämeenkyrö, Finlandia.

Latar belakang Hans Larsson tidak sepenuhnya pasti. Sumber-sumber tertentu mengklaim dia adalah putra seorang vikaris paroki Lammi, tetapi beberapa mengklaim dia berasal dari Keluarga Roth, mungkin putra Lars Hansson Roth.

Pada 1588, ia menjabat sebagai kavaleri dengan pangkat letnan Valentin Göding. Pada 1594, dua tahun sebelum Perang Cudgel, Sigismund III Vasa memberikan Hans Larsson kesetiaannya kepada raja rumah di Osara dan lima rumah hutan belantara di Pakula, yang kemudian menjadi Rumah Osara. Tiga tahun setelah kekalahan pemberontakan petani, Sigismund juga memberikan seluruh desa pertanian sembilan belas desa Inkula, Viljakkala. Sebagai penguasa bangsawan, Hans Larsson adalah lelaki paling kuat dan menguntungkan di desa Osara dan di seluruh Hämeenkyrö.

Ketika Adipati Karl menjadi raja Swedia pada tahun 1600, ia memulai pengadilan dari pihak lain yang terlibat, melawan Sigismund, dan pendukung Fleming. Hans Larsson juga segera dipenjara dan diadili. Dia berusaha untuk mempengaruhi putusan dengan memohon kepada bangsawannya, tetapi dia tidak memiliki bukti yang diperlukan karena Rusia telah membakar dokumen selama perang 1575-1595. Hans Larsson dijatuhi hukuman mati pada 1601. Tanggal pastinya eksekusinya tidak pasti, tetapi ia dinyatakan meninggal pada 14 Oktober 1601 di distrik Hämeenkyrö dan istrinya, Kirstin disebut sebagai janda. Setelah menerima vonisnya, ia kehilangan peternakannya di Osara dan Inkula.

Hans Larsson dan Kirstin diketahui hanya memiliki tiga anak perempuan: Margareta, Brita dan Kerstin.