Hadiah lawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemenang hadiah lawang membuka hadiahnya pada Navy Ball di Klub Perwira di Fasilitas Udara Angkatan Laut Atsugi.

Hadiah lawang atau hadiah serta (Inggris: door prize) adalah suatu hadiah yang diberikan kepada salah satu atau beberapa orang yang menghadiri suatu pertemuan, pesta, acara, dan lain-lain, terutama yang diberikan secara acak kepada yang hadir.

Sejarah dan etimologi[sunting | sunting sumber]

Ungkapan "hadiah lawang" mengacu pada jenis hadiah di mana keikutsertaan dalam kontes dilakukan dengan berjalan melewati pintu. Dalam sebagian besar situasi ini, peserta akan membayar sejumlah kecil uang untuk datang ke pesta dansa atau konvensi, dan kemudian peserta diberikan tiket. Suatu saat penyelenggara akan mengeluarkan tiket yang cocok dari kaca, dan membatalkannya. Jika tidak ada yang menjawab, mereka akan memilih yang baru. Meskipun tidak jelas kapan praktik ini pertama kali diterapkan, dokumentasi pertama dari praktik ini ditemukan di The Carpet Trade pada tahun 1867.[1] Praktik ini menjadi populer di Amerika Serikat pada tahun 1950an, selama pertumbuhan masyarakat konsumen Amerika setelah Perang Dunia II.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Carpet and Upholstery Trade Review (dalam bahasa Inggris). Review Publishing Company. 1878. 
  2. ^ "etymology - Why is a door prize called a "door prize"?". English Language & Usage Stack Exchange (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-04-25.