Gunung Odae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Odae
Nama Korea
Hangul
오대산
Hanja
Alih AksaraOdaesan
McCune–ReischauerOtaesan


Odaesan (Gunung Odae) adalah gunung yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Gunung Odae, mencakup wilayah Kabupaten Pyeongchang, Hongcheon dan pinggiran Gangneung, Provinsi Gangwon, Korea Selatan.[1] Taman Nasional Gunung Odae diresmikan pada tahun 1975. Terletak 90 km sebelah barat kota Gangneung, 140 km jauhnya di sebelah timur kota Seoul. Taman nasional ini ditandai dengan lima buah puncak, antara lain: Birobong, puncak paling tinggi (1563 m) disusul Haryeongbong, Sangwangbong, Durobong dan Dongdae. Bentuk kelima puncak ini dianggap masyarakat sekitar mirip dengan bunga teratai. Sarjana besar dari periode Dinasti Joseon bernama Yi i menjuluki Gunung Odae sebagai Sogeumgang (Gunung Geumgang Kecil) dikarenakan pemandangannya hampir serupa dengan Gunung Geumgang. Taman nasional ini menjadi tempat pelestarian berbagai jenis flora dan fauna. Dapat dijangkau lewat Jalan Tol Yeondong.

Wisata sejarah dan religius[sunting | sunting sumber]

Gunung Odae yang bermakna "Lima Puncak Agung", dianggap sebagai tempat suci agama Buddha. Di sekeliling wilayah taman nasional terdapat 10 kuil Buddha, di antaranya yang terpenting adalah Kuil Woljeong dan Kuil Sangwon yang menyimpan banyak benda bersejarah. Kuil Woljeong (Woljeongsa) adalah kuil yang didirikan pada tahun 643, periode Silla, lalu dikonstruksikan kembali pada tahun 1844 (periode Joseon). Kuil Sangwon (Sangwonsa) didirikan pada tahun 705, periode Silla Bersatu. Benda bersejarah di kedua kuil ini antara lain Pagoda Bertingkat Sembilan (Harta Nasional Nomor 48), Genta Kuil Woljeong (Harta Nasional Nomor 36), Patung Bodhisattva Manjusri (Harta Nasional Nomor 221), dan Genta Kuil Sangwon.

Lembah Mureung[sunting | sunting sumber]

Lembah Mureung berlokasi di sebelah timur Gunung Odae. Namanya berasal dari kata Mureungdowon yang mendeskripsikan utopia dalam Taoisme.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sŏ, Chŏng-su (2004). Encyclopedia of Korean culture. Seoul: Hansebon. ISBN 8-9747-6148-3.