Gunung Lanang Banjarnegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gunung Lanang Banjarnegara adalah sebuah wisata yang terletak di Desa Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Gunung Lanang memiliki daya tarik mistis yang menarik untuk dijelajahi. Di balik aura mistisnya Gunung Lanang mempunyai penampilan keindahan alam yang menakjubkan.

Nama Gunung Lanang dipilih karena bentuk fisiknya yang mirip dengan alat kelamin pria, apalagi jika dilihat dari kejauhan. Gunung ini sering di sebut dengan pasangan dari Gunung Tanpomas, dan Gunung Tanpomas bisa di sebut dengan Gunung Wadon (Gunung Perempuan). Objek Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00-17:00, dan biaya tiket masuknya sangat terjangkau hanya dengan membayar 5 ribu rupiah per orang.[1]

Misteri di Gunung Lanang Banjarnegara. Masyarakat setempat percaya bahwa Gunung Lanang dulunya adalah seorang manusia atau tempatnya seorang pemuda. Akan tetapi orang tua dari pemuda tersebut kemudian mengutuknya menjadi guunung. Menurut warga sekitar,alasan orang tua sang pemuda mengutuk anaknya karena bersikeras mempertahankan cintanya. Padahal orang tua dari pemuda tersebut tidak merestui hubungan cinta sang anak.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liputan6.com (2022-08-05). "12 Wisata Banjarnegara Terbaik dan Harga Tiket Masuknya". liputan6.com. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  2. ^ Supendi, Deni (2022-08-17). "Objek Wisata Gunung Lanang Banjarnegara Jawa Tengah". Harapan Rakyat. Diakses tanggal 2023-10-01.