Gunung Bukhan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunung Bukhan
Nama Korea
Hangeul북한산
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanBukhansan
McCune–ReischauerPuk'ansan

Bukhansan, atau Gunung Bukhan, adalah sebuah gunung yang terletak di sebelah utara kota Seoul, Korea Selatan. Beberapa bagian penting kota Seoul dibatasi oleh Bukhansan, yang merupakan sebuah tempat yang mudah dilihat dari sebagian wilayah di kota ini.

Gunung ini tingginya 836.5 meter di atas permukaan laut. Nama Bukhansan berarti "Gunung Han Utara," merujuk pada letaknya yang berada di sebelah utara sungai Han. Gunung ini juga merupakan tanda batas utara wilayah Seoul pada zaman Joseon.

Bukhansan, serta Taman Nasional Bukhansan yang merupakan bagiannya, merupakan daya tarik terkenal wisatawan di daerah Seoul. Gunung ini terkenal sebagai salah satu tujuan yang disukai untuk melihat burung atau untuk melakukan hiking di wilayah metropolitan Seoul.

Nama[sunting | sunting sumber]

Saat ini di Korea Selatan sudah ada upaya untuk mengembalikan nama Bukhansan. Selama bertahun-tahun lamanya hingga sekarang, ketiga puncak gunung yang berada di taman ini dinamai "Bukhansan"; padahal, nama asli ketiga puncak tersebut secara keseluruhan adalah Samkaksan, yang berarti "tiga gunung bertanduk" ("gunung tiga tanduk"). Kepala Kantor Distrik Gangbuk-gu di Seoul sudah memimpin petisi ke pemerintah pusat untuk mengganti nama gunung ini sesuai nama aslinya.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Park, Jin-woo (박진우) (2007-06-14). "북한산, 본래 이름 '삼각산' 되찾아야". Sports Hankook. Diakses tanggal 2007-06-21. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]