Gunung Berkat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Berkat
הר ברכה

Gunung Berkat[1] (Ibrani: הר ברכה adalah pemukiman Israel yang terletak di punggung selatan Gunung Gerizim pada ketinggian 870 meter (2.850 kaki) di atas permukaan laut, di Pegunungan Samaria, dekat kota Palestina Nablus. Pemukiman ini diatur sebagai komunitas dan berada di bawah yurisdiksi Dewan Regional Shomron. Pada tahun 2021, terdapat 3.062 penduduk di sana.[2]

Gunung Berkat didirikan pada 17 November 1982. Pada tahun 1987 sebuah inti keluarga Ortodoks tiba untuk mendirikan dan mendirikan pemukiman itu. Setelah pendirian pemukiman itu, Rabbi Eliezer Melamed ditunjuk sebagai rabi pemukiman itu, penulis serangkaian buku hukum Halakha "Pninei Halakha".[3]

Di pemukiman ini ada sekolah dasar putra dan sekolah dasar putri, sekolah menengah kejuruan putra dan sekolah menengah kejuruan putri serta "Yeshiva Hesder".

Pada tahun 2011 sejumlah besar Kristen Evangelis tiba untuk membantu memetik anggur di kebun anggur di dekat pemukiman, atas inisiatif dan persetujuan Rabbi Melamed, dan sejak itu mereka tinggal di bukit barat pemukiman itu.

Setelah beberapa ratus rumah pribadi dibangun di Gunung Berkat, para anggota pemukiman memutuskan untuk mulai membangun gedung bertingkat empat, lima dan enam lantai. Keputusan ini diambil dengan tujuan menurunkan harga rumah dan memberi kesempatan pasangan muda membeli rumah di desa itu. Sebagai bagian dari pembangunan, sekolah putra dan sekolah putri bersama dengan sebelas taman kanak-kanak juga dibangun di Gunung Berkat.

Referensi[sunting | sunting sumber]