Guntamund

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Guntamund (skt. 450-496), Raja Vandal dan Alan (484-496) merupakan raja ketiga Afrika utara Kerajaan Vandal. Dia menggantikan pamandanya yang tidak populer Hunerik, dan karena alasan itu saja, memiliki pemerintahan yang agak sukses.

Guntamund adalah putra kedua Gento, dari keempat dan yang bungsu Genserik, pendiri Kerajaan Vandal di Afrika. Karena sebagian keluarga langsung Genserik telah meninggal, beberapa kakandanya telah dibunuh oleh Hunerik,[1] Guntamund menganggap dirinya sebagai anggota keluarga laki-laki tertua saat Hunerik meninggal pada tahun 484. Sesuai dengan hukum kakeknya mengenai suksesi, yang menetapkan bahwa anggota keluarga tertua akan menjadi penerusnya, dia diproklamirkan sebagai raja.

Guntamund diuntungkan sepanjang masa pemerintahannya dari fakta bahwa beberapa saingan Vandal yang paling kuat, Visigoth, Ostrogoth, dan Kekaisaran Bizantium, semuanya sangat terlibat dalam perang. Meskipun kekuatan Vandal telah jatuh jauh sejak puncaknya di bawah Genser, mereka hidup dengan damai di bawah Guntamund. Guntamund juga meredakan penganiayaan umat Kristen Katolik yang dimulai di bawah pemerintahan Haltik, sebuah tindakan yang meredakan beberapa kerusuhan di kerajaannya, dan menstabilkan ekonomi kerajaan, di ambang kehancuran.

Sayangnya bagi suku Vandal, Guntamund mengikuti jejak keluarga dekatnya dan meninggal agak muda, pada usia pertengahan empat puluhan. Dia digantikan oleh saudaranya Trasamund, yang tidak efektif dalam memerintah kerajaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oman, Charles. The Dark Ages. 
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Hunerik
Raja Vandal
484–496
Diteruskan oleh:
Trasamund