Gun x Sword

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gun x Sword
175
Gambar DVD Gun X Sword
Genre Aksi
Anime
Sutradara  Goro Taniguchi
Studio Anime International Company, AIC
Portal Anime dan Manga

Gun X Sword (ガン×ソード, Gun Sodo, X-nya dibaca versus) merupakan serial anime "mecha"/robot yang disutradarai oleh Goro Taniguchi dan diproduksi oleh AIC A.S.T.A, yang ditayangkan perdana pada bulan Juli 2005. Cerita ini mengisahkan tentang Van, sang tokoh utama yang berkelana di planet yang bernama Planet Ilusi Tanpa Akhir (Planet of Endless Illusion). Dia bisa menggunakan robot yang disebut Armor.

Di Indonesia, anime ini disiarkan oleh Animax mulai Maret 2007. Di Jepang, ditayangkan oleh Tokyo TV.

Plot Cerita[sunting | sunting sumber]

Anime ini mengisahkan tentang Van, seorang pengelana yang memakai tuksedo dan memakai topi koboi. Di kota Evergreen, dia bertemu dengan Wendy, ternyata kota itu sering diteror oleh bandit. Bandit tersebut juga menggunakan Senjata Baja, yaitu robot yang bisa dikendalikan beukuran besar. Biarpun sudah tidak ada harapan, Van malah memanggil Dann of Thursday, Senjata Baja miliknya. Dia lalu mengalahkan Bandit tersebut. Wendy yang menganggapnya pahlawan berjanji akan menjadi pengantinya. Van lalu mengatakan bahwa dia hanya hidup untuk satu tujuan: membunuh pria bercakar emas yang membunuh pengantinnya di hari pernikahannya. Wendy juga ingin mencari kakaknya yang diculik pria itu. Van yang ogah-ogahan menerima Wendy akhirnya mengizinkannya mengikutinya dalam pengembaraannya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

Van
Van dulunya pernah ingin menikahi seorang peneliti yang memberinya senjata baja Dann. Tetapi calon istrinya itu malah dibunuh didepannya pada hari pernikahannya. Sejak saat itu Van mulai mengembara dan bertemu Wendy. Dia sangat sulit mengingat nama wanita dan hanya mengingat satu orang saja yang bernama Priscilla yang ditemuinya di tengah perjalanan. Dia juga memiliki kebiasaan mencampurkan semua bumbu ke makannanya dan berteriak "Oh! Enak Sekali!" atau "Sudah Dingin!". Dia juga punya banyak julukan seperti Van si orang Baik, Van si pengembara, Van Matahari Terbit dan lain sebagainya. Namun karena perjalanan yang lama ia tempuh bersama Wendy mambuat hati Van menyukai WendY secara diam-diam.
Wendy Garret
Wendy adalah seorang gadis desa di kota Evergreen. Dia kehilangan kakanya, Michael, yang diculik pria bercakar. Dia selalu menyimpan pistol kakaknya yang hanya memiliki satu peluru. Dia ingin menikahi Van setelah meilhatnya bertarung. Dia juga wanita yang tegar setelah mengetahui kakaknya membelot ke pihak musuh, dia tetap menghadapinya. Memelihara seekor kura-kura berwarna merah ambu pemberian kakanya.
Carmen 99
Carmen adalah seorang wanita yang merupakan kenalan Van. Dia bekerja sebagai mata-mata. Nama aslinya adalah Carmen Mendosa.
Ray Lundgren
Ray adalah seorang pengelana yang kekasihnya juga dibunuh oleh pria bercakar.
Joshua Lundgren
Joshua adalah anak proaktif dan ceria. Dia adalah adik dari Ray. Dia memiliki kemampuan untuk menganalisa dan mencari titik lemah senjata baja. Dia bergabung dengan Van untuk menghentikan kakaknya.
Priscilla
Priscilla adalah seorang pengendali senjata baja yang menggunakan gerakan balet. Dia menyukai Van terang-terangan.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Pria Bercakar
Orang ini adalah musuh utama para protagonis. Sekilas, dia seperti pria yang ramah dan baik hati. Tetapi dia adalah orang yang punya ide gila atas planet tempat tinggal mereka.
Michael Garret
Michael adalah kaka dari Wendy. Dia diculik pria bercakar karena kemampuan mengendalikan senjata baja yang diatas rata-rata. Dia lalu dengan sukarela menjadi bawahan pria bercakar.

Senjata Baja[sunting | sunting sumber]

Dalam anime ini ada istilah Senjata Baja (Armor). Senjata Baja ialah robot-robot berukuran minimal sebesar gedung atau jembatan dan kuat. Di antara senjata baja ini ada 7 senjata baja yang terkuat yang disebut 7 Asli. Mereka dulunya penjaga kedamaian planet tersebut. Van mengendarai salah satu senjata tersebut dan disebut-sebut sebagai yang terkuat, Dann of Thursday.

Metal Glow
Adalah sebuah senjata baja yang mirip kapal perang. Senjata Baja ini dipakai walikota kota jembatan untuk melawan Dann. Serangan utamanya adalah pukulan lengan raksasa dan meriam utamanya.
S-Drive Dragon
Senjata Baja ini berbentuk naga dari Tiongkok. Naga ini muncul pertamakali di episode 8 ketika Van dkk. bertemu Joshua. Naga tersebut menyerang siapa saja yang mendekati gunung tempat tinggalnya. Dia berhasil dikalahkan setelah panel surya di punggungnya dihancurkan. Ternyata pilot Senjata Baja tersebut sudah lama mati.
Naga ini bersenjatakan pemotong angin. Di terowongan bawah air ketika menuju tempat pria bercakar, dua senjata baja ini muncul dan menghadang. Naga tersebut lalu dikalahkan El Dora Soul dan Brownie.
Golden Cradle
Senjata baja ini muncul setelah mengetahui kalau Joe di episode 7 adalah teman dari pria bercakar. Senjata Baja ini dilapisi pelindung berwarna emas, memakai perisai raksasa dan tombak seperti kesatria abad pertengahan. Biarpun penampilannya yang besar, tetapi gerakannya cukup lincah dan mampu berduel sampai beberapa derajat dengan Dann. Senjata Baja ini dikalahkan oleh Van setelah dibutakan dengan pantulan sorotan cahaya matahari.
Senjata Baja ini juga muncul sebagai prajurit pertahanan di pangkalan rahasia pria bercakar. Beberapa unit ini muncul dan disebut sebagai 101 oleh orang-orang pengikut pria bercakar. Warna unit ini di pangkalan tersebut adalah hijau.
Vulcan
Senjata Baja milik Ray ini merupakan penyerang jarak jauh dengan senapan mesin, pistol dan senapan raksasa. Sangat kontras dengan Dann milik Van dimana senjata bajanya dipanggil dari langit, maka vulcan dipanggil dengan menembakkan pistol milik Ray ke tanah membentuk lingkaran. Vulcan juga muncul dari dalam bor raksasa yang bisa dipakai berlindung dari tembakan. Senjata beam dari Vulcan merupakan dasar dari modifikasi senjata beam 7 Asli.
Penampilan Vulcan yang memakai jubah terlihat hanya sebagai pemanis saja, tapi faktanya jubah tersebut bisa menahan dan mengalihkan serangan beam dari senjata baja musuhnya. Hal ini membuatnya efektif melawan senjata baja jarak jauh lainnya.
Brownie
Brownie adalah senjata baja yang lincah dan unik. Senjata baja ini dihubungkan dengan pilotnya melalui pinggul pilotnya, sehingga Brownie gerakannya menyerupai pilotnya. Sistem ini menyerupai sistem syaraf di senjata baja 7 asli. Browni tadinya hanya memiliki satu senjata, yaitu Penusuk Peri. Senjata ini berbentuk duri yang ada di sikunya. Belakangan diketahui kalau senjata tersebut bisa diluncurkan ke musuhnya. Brownie juga memiliki senjata berupa senapan mesin yang menyerupai ekor kelinci.

7 Asli[sunting | sunting sumber]

Saudade of Sunday
Senjata Baja ini dikemudikan oleh Michael. Dalam bentuk senjata, dia menyerupai pistol dengan bayonet dibawahnya.
Diablo of Monday
Senjata Baja ini dikemudikan oleh Gadved, personel 7 Asli yang masih tersisa. Senjata utamanya adalah kapak.
Metsa of Tuesday
Metsa menggunakan pedang pendek dan meriam beam untuk bertarung. Dikemudikan oleh William Will Woo.
Dahlia of Wednesday
Dahlia adalah senjata baja milik Fasalina. Memakai tongkat dan cipratan darah untuk menyerang. Taktik itu juga dipakai oleh Van.
Dann of Thursday
Dann adalah senjata baja milik Van. Kemampuannya sangat unik, yaitu beregenerasi. Dann hanya memakai pedang raksasa sebagai senjatanya. Pedang tersebut juga bisa dibuat menjadi sepasang pedang kecil. Dann juga memiliki perisai elektromagnet.
Sin of Friday
Senjata Baja yang sangat besar dan gemuk ini dikendalikan oleh Carossa. Senjata Baja ini juga bisa menyatu dengan Sen of Friday milik Melissa.
Sen of Saturday
Sen of Saturday adalah Senjata Baja yang bisa menyatu dengan SIn of Friday milik Carossa, saudara kembarnya. Bentuknya lebih ramping dari Sin.

Episode[sunting | sunting sumber]

# Title Original airdate
01 Tuxedo Dances in the Wind 2005-07-05
02 Funny Stream 2005-07-12
03 The Hero Returns 2005-07-19
04 And Then, the Rain Falls 2005-07-26
05 Twins Guard 2005-08-02
06 The Spark in the Heart 2005-08-09
07 Getting Revenge for Myself 2005-08-16
08 There is a Use for That Bond 2005-08-23
09 Carmen Returns to Her Hometown 2005-08-30
10 Ocean, Thank You 2005-09-06
11 Does It Have To Be Goodbye? 2005-09-13
12 Days That Don't Return 2005-09-20
13 On the Way Through the Dream 2005-09-27
14 Swift Brownie 2005-10-04
15 Neo Original 2005-10-11
16 A Shine is an Electric Current Spark 2005-10-18
17 Chase Coordinate X 2005-10-25
18 To Pray is Saudade 2005-11-01
19 The End of Hope 2005-11-08
20 Wonderful Universe 2005-11-15
21 Prayers to Heaven & Peace on Earth 2005-11-22
22 For whose sake? 2005-11-29
23 A song for everyone 2005-12-06
24 End of a Dream 2005-12-13
25 Fool Comes by Armor 2005-12-20
26 Tuxedo Blowing in Tomorrow 2005-12-27

Klip pembuka tiap episode hampir berbeda. Contohnya ketika Carmen 99 belum muncul, dia hanya ditampilkan dalam siluet, ketika sudah muncul dalam cerita maka dia ditampilkan seutuhnya. Ketika salah satu karakter mati, maka di adegan pembuka karakter tersebut kembali menjadi siluet. Jika diperhatikan dengan cermat, maka akan diketahui karakter mana yang akan muncul di episode tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]