Guilhèm II dari Aquitaine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The submission of Guillaume II of Aquitaine, oleh V. Carducci (skt. abad ke-17). Madrid, Museo del Prado

Guilhèm II Muda († 12 Desember 926) merupakan seorang Comte Auvergne dan Adipati Aquitaine dari tahun 918 hingga kematiannya, menggantikan pamandanya Guilhèm I.

Guilhèm adalah putra Acfred I dari Carcassonne dan Adelinde, saudari Guilhèm I dan putri Bernard Plantapilosa. Segera setelah menggantikan pamandanya, ia berperang di Burgundi dan Normandia, yang menolak menerima Raoul sebagai raja Prancis. Namun dukungannya terhadap raja tidak tulus. Dia kemudian memberontak dan Rudolf memimpin pasukan ke Aquitaine, tetapi dipanggil kembali untuk membela Rhein dari Hongaria. Guilhèm meninggal segera sesudahnya.

Pada tahun 924, adipati Raoul dari Bourgogne pergi ke sungai Loire dan Guilhèm dipaksa untuk menyerahkan dirinya kepadanya. Setelah Raoul, lega bahwa vasal yang kuat itu menerima suzerenitasnya, mengembalikannya ke county Berry dan Macon dan kota Bourges.[1]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Nouvelle Biographie Générale. Paris, 1859.
  • Memoirs of the Queens of France. Anne Forbes Bush.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Prancis) Georges Touchard-Lafosse, La Loire historique: pittoresque et biographique, vol. 2, 1848, Nantes, ed. Suireau, p. 474.
Didahului oleh:
Guilhèm I
Adipati Aquitaine
918–926
Diteruskan oleh:
Acfred