Bernard Plantevelue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bernard Plantapilosa (22 Maret 841 – 886[1]), atau Plantevelue, putra Bernat dari Septimania dan Duoda, merupakan seorang Comte Auvergne (sebagai Bernard II) dari tahun 872 hingga kematiannya. Kaisar Karl Gendut memberinya gelar Markgraf Aquitaine pada tahun 885.

Liber Manualis ibundanya menyebutkan bahwa dia dilahirkan di Uzès pada tahun setelah kematian Ludwig yang Saleh. Dia diangkat sebagai Markgraf Septimania (atau Gothia) sebelum tahun 868. Dia adalah abbas awam Brioude antara tahun 857 dan 868 dan Comte Autun dan dari tahun 864 hingga 869. Dia digulingkan sebelum tahun 876 dan digantikan oleh Bernard dari Gothia pada tahun itu. Dia kembali bekerja di bawah Karl Gendut. Dalam perang melawan Boso dari Provence, ia memperoleh county Mâcon.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikahi Ermengard, putri Bernard I dari Auvergne (atau mungkin Guerin I). Mereka memiliki setidaknya dua orang anak:

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Plantapilosa sering dijuluki "Kaki Berbulu" atau "Cakar Berbulu".[2] Ini didasarkan pada bahasa Latin yang berarti "telapak kaki" dari planta.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Also possibly 6 January or 16 August 886
  2. ^ E.g. Chris Wickham, The Inheritance of Rome, p. 511

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • MacLean, Simon. Kingship and Politics in the Late Ninth Century: Charles the Fat and the end of the Carolingian Empire. Cambridge University Press: 2003.
  • Hummer, Hans J. Politics and Power in Early Medieval Europe: Alsace and the Frankish Realm 600 – 1000. Cambridge University Press: 2005.