Guardian (seri web)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Guardian
GenreFantasi, kejahatan, laga
BerdasarkanGuardian oleh Priest
Ditulis olehQi Xiaoyu
Ye Fangzhou
Hua Liang
PemeranBai Yu
Zhu Yilong
Lagu pembuka"We Won't be Falling" oleh Chen Xueran
Lagu penutup"只是太在意" (Zhǐ Shì Tài Zài Yì, Hanya Terlalu Peduli) oleh Ning Huan Yu
Negara asalChina
Bahasa asliMandarin
Jmlh. episode40
Produksi
ProduserZhou Yuanzhou
Lokasi produksiChina
Durasi45 menit
Rumah produksiShi Yue Film and Television
Zhe Jiang Sheng Xi Hua Shi
Tai Yang Chuan He Culture and Media
Huan Mi Culture and Communication.
Rilis asli
JaringanYouku
Rilis13 Juni (2018-06-13) –
25 Juli 2018 (2018-07-25)

Guardian (Hanzi: 镇魂; Pinyin: Zhèn Hún)[1] adalah sebuah seri web China yang tayang pada tahun 2018 dan dibintangi oleh Bai Yu dan Zhu Yilong. Seri ini adalah adaptasi dari novel web fantasi-BL dengan judul yang sama karangan Priest [2] Seri ini dirilis di situs video Youku pada tanggal 13 Juni hingga 25 Juli 2018. Kisah dari seri ini berpusat pada Zhao Yunlan (diperankan oleh Bai Yu) dan Shen Wei (diperankan oleh Zhu Yilong), seorang detektif dan seorang professor yang bekerja sama untuk menyelidiki hal-hal yang berbau supernatural. Meskipun di dalam novel mereka adalah pasangan, di dalam seri web hubungan mereka hanya digambarkan sebagai hubungan persaudaraan dua orang sahabat dengan subteks homoerotik karena adanya hukum di China yang melarang penayangan hubungan LGBT di televisi.[3]

Seri ini banyak mendapat review positif dan memperoleh jumlah penonton sebanyak 1,8 juta hingga bulan Agustus 2018.[3] Pada bulan yang sama, Guardian ditarik dari Youku karena adanya penumpasan konten internet yang "berbahaya dan vulgar",[4] namun kemudian di upload ulang pada bulan November.[5]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Guardian berlatar di sebuah planet yang mirip seperti bumi bernama Haixing, dimana planet ini ditinggali oleh para manusia yang merupakan warga pribumi dan dua ras alien — ras Yashou yang dapat berubah wujud menjadi tumbuhan dan binatang, dan ras Dixing yang memiliki kekuatan super dan bermarkas di bawah tanah. Tiga ras tersebut hidup bersama dengan damai sejak kedatangan ras Yashou dan Dixing lebih dari 10 ribu tahun yang lalu. Namun kedamaian tersebut hancur setelah ras Dixing menyatakan perang karena adanya serangan meteor yang menguras sumber daya mereka. Selama perang tersebut, Haixing dan Yashou dipimpin oleh seorang pahlawan bernama Kunlun, yang berteman baik dengan Sang Utusan Berjubah Hitam (Hanzi: 黑袍使; Pinyin: Hēi Páo Shǐ yang merupakan pemimpin pihak Dixing yang menginginkan kedamaian. Peperangan tersebut berakhir dengan kemenangan Haixing yang menggunakan 4 alat suci yang diciptakan dari sisa meteor yang jatuh. Di akhir peperangan, Kunlun menghilang, dan Sang Utusan Berjubah Hitam menjadi pengawas kedamaian di antara ketiga ras selagi ia menunggu Kunlun untuk kembali.

Di era saat ini, konflik mulai muncul di antara Dixing dan ras yang tinggal di permukaan. Zhao Yunlan seorang pria yang memiliki pengendalian emosi buruk merupakan ketua dari Departemen Investigasi Spesial (SID), sebuah grup yang bekerja sama dengan Sang Utusan Berjubah Hitam untuk mempertahankan kedamaian dan menyelidiki kasus-kasus yang berkaitan dengan kaum Dixing. Ketika sedang menyelidiki sebuah kasus di sebuah universitas lokal, Zhao dibantu oleh Shen Wei, seorang professor rekayasa biologi. Mereka berdua menjadi dekat setelah berbagai kasus membuat mereka harus saling terlibat.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Bai Yu sebagai Zhao Yunlan / Kunlun:
Ketua dari Departemen Investigasi Spesial (SID). Ia adalah reinkarnasi dari pahlawan perang kuno, Kunlun, dan sahabat baik dari Sang Utusan Berjubah Hitam (mereka adalah sepasang kekasih di dalam noevl).
  • Zhu Yilong sebagai Shen Wei / Sang Utusan Berjubah Hitam / Ye Zun
Seorang professor biologi yang kemudian bergabung dengan SID sebagai konsultan. Shen adalah indentitas publik dari Sang Utusan Berjubah Hitam, sosok di balik SID. Zhu juga memerankan karakter Ye Zun yang merupakan adik kembar dari Shen dan antagonis utama dari seri ini.
  • Xin Peng sebagai Guo Chang Cheng / Xiao Guo
Seorang pegawai magang di SID.
  • Li Yan sebagai Da Qing / Kucing Hitam
Wakil ketua dari SID. Ia adalah ras Yashou yang dapat berubah wujud menjadi kucing.
  • Gao Yu Er sebagai Zhu Hong
Sekretaris SID. Ia adalah ras Yashou yang dapat berubah wujud menjadi ular.
  • Jiang Ming Yang sebagai Chu Shu Zhi
Agen lapangan SID. Kekuatannya adalah mengendalikan boneka.
  • Min Ting Liu sebagai Lin Jing
Ilmuan SID.
  • Li Si Qi sebagai Wang Zheng / Ge Lan
Manajer sumber daya manusia SID.
  • Wang Chao Wei sebagai Sang Zan
Juru arsip SID.
  • Wang Wei Hua sebagai Zhao Xin Chi
Ayah Zhao Yunlan dan mantan ketua dari SID.
  • Wang Yongfeng sebagai Cong Bo
Agen intel yang membantu SID dari luar.
  • Jing Long sebagai Guo Ying
Paman Guo Chang Cheng.
  • Dong Fan sebagai Li Qian
Seorang mahasiswa di Universitas Kota Naga.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi seri web untuk novel Guardian diumumkan pada tanggal 23 Maret 2017.[6] Seri ini mulai tayang di situs streaming Youku pada tanggal 13 Juni 2018 dan berakhir para tanggal 25 Juli 2018.[7][8] Anggota VIP berbayar Youku dapat mengakses 3 episode setiap hari Rabu dan 3 episode setiap hari Kamis, sementara untung anggota bukan VIP dapat mengakses 1 episode setiap hari Senin hingga Sabtu.[9] Seri ini ditayangkan di Korea Selatan oleh Chunghwa TV dan di Amerika Serikat oleh Viki.

Penarikan dan perilisan ulang[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Agustus 2018, Guardian ditarik dari Youku karena alasan "pengaturan konten" yang oleh National Radio and Television Administration dianggap sebagai konten internet yang "berbahaya dan vulgar"[3] Seri ini kemudian di upload ulang oleh Youku pada tanggal 10 November 2018,[5] dan langsung memperoleh jumlah penonton sebesar 52 juta view di minggu pertamanya dirilis.[10]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Zhi Shi Tai Zai Yi (只是太在意, Hanya Terlalu Peduli)" (Lagu tema penutup)Lin Qiao, Ning HengyuNing HengyuNing Hengyu03:46
2."Shi Jian Fei Xing (时间飞行, Terbang Menjelajahi Waktu)" (Lagu insert)Zhang YingLuo KunBai Yu, Zhu Yilong03:06
3."We Won't be Falling[11]" (Lagu tema pembuka)Chen XueranChen XueranChen Xueran03:11

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Guardian memperoleh banyak review positif dengan Harian Rakyat memuji seri ini dengan alur yang "berkembang" dan drama yang "menyentuh",[12] dan China Entertainment News memuji kisahnya yang realistis dan tidak menimbulkan sensasi yang berlebihan.[13] Namun sebaliknya, Yangcheng Evening News menilai kisah seri ini sebagai kisah yang "sederhana."[14]

Sebutan Guardian girls (镇魂女孩) digunakan oleh para penggemar untuk menyebut para wanita penggemar seri ini.[15] Sebelum seri ini ditarik dari Youku, para penggemar sering mendiskusikan konten homoerotisme dari seri ini di sosial media menggunakan hashtag "persaudaraan antar pria di negara sosialis" untuk menghindari menarik perhatian dari lembaga penyensoran.[3]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Kategori Yang dinominasikan Hasil Ref.
Q China Music Awards Penyanyi Crossover Terpopuler Bai Yu Menang [16]
Zhu Yilong Menang
Soundtrack Terpopuler Shi Jian Fei Xing
(时间飞行)
Menang
10th China TV Drama Awards Aktor Muda Karismatik Zhu Yilong Menang [17]
Film and TV Role Model 2018 Annual General Rating Actor of the Year Menang [18]
Golden Bud - The Third Network Film And Television Festival Seri Web Terpopuler Guardian Menang [19]
4th Golden Spider Academic Award Aktor Terbaik Zhu Yilong Menang [20]
Aktor Terpopuler Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "<镇魂>百科" (dalam bahasa Mandarin). Baidu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-09. Diakses tanggal 27 Oktober 2019. 
  2. ^ "<镇魂>小说百科". Baidu (dalam bahasa Mandarin). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-22. Diakses tanggal 27 Oktober 2019. 
  3. ^ a b c d Zhang, Phoebe (4 Agustus 2018). "Gay-themed drama is latest victim of China's drive to purge 'harmful and obscene' content from web". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-24. Diakses tanggal 24 Juni 2019. 
  4. ^ "<镇魂下架>报道". Qdaily (dalam bahasa Mandarin). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-23. Diakses tanggal 27 Oktober 2019. 
  5. ^ a b "《镇魂》40集全—中国—电视剧—优酷网,视频高清在线观看—又名:《Guardian》". list.youku.com (dalam bahasa Mandarin). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-21. Diakses tanggal 22 November 2018. 
  6. ^ "《镇魂》男主曝光 黄金班底造年度"镇"网之作". 李彤_NK4455 (dalam bahasa Mandarin). 网易娱乐. 23 Maret 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-04. Diakses tanggal 14 November 2017. 
  7. ^ "《镇魂》杀青曝剧照 白宇朱一龙黄金兄弟飙演技". 高骞(QN037) (dalam bahasa Mandarin). 网易娱乐. 18 Juli 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-04. Diakses tanggal 14 November 2017. 
  8. ^ "《镇魂》首曝片花 白宇"洒脱不羁"挑战全新角色" (dalam bahasa Mandarin). 中国娱乐网. 16 Januari 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-21. Diakses tanggal 23 Februari 2018. 
  9. ^ "《镇魂》6月13日上线 白宇朱一龙热血集结捍卫初心" (dalam bahasa Mandarin). 人民网. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-20. Diakses tanggal 13 Juni 2018. 
  10. ^ "寻艺 - 电视剧网络播放排行榜". www.xunyee.cn (dalam bahasa Mandarin). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-16. Diakses tanggal 22 November 2018. 
  11. ^ "《镇魂》主题曲MV上线 好莱坞配乐团队传奇呈现" (dalam bahasa Mandarin). 环球网. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-04. Diakses tanggal 26 Juni 2018. 
  12. ^ 104140 (19 Juni 2018). "超级剧集《镇魂》热播 正能量攻势燃爆全网--人民网娱乐频道--人民网". ent.people.com.cn (dalam bahasa Mandarin). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-05. Diakses tanggal 22 November 2018. 
  13. ^ "《镇魂》上演暑期档出圈秀,制片人解读圈层爆款的养成与突破 - 中国娱乐网". news.yule.com.cn (dalam bahasa Mandarin). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-21. Diakses tanggal 22 November 2018. 
  14. ^ "没有做到极致-羊城晚报· 电子版|数字报|在线阅读_金羊网". ep.ycwb.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-22. Diakses tanggal 22 November 2018. 
  15. ^ Lim, Josh (5 September 2018). "Know the guardians of the lucrative Chinese galaxy" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-28. Diakses tanggal 25 Juni 2019. 
  16. ^ "《镇魂》"时间飞行"获年度最佳影视单曲,白宇朱一龙受欢迎歌手". Sina (dalam bahasa Mandarin). 8 Januari 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-29. Diakses tanggal 30 Oktober 2019. 
  17. ^ "2018《国剧盛典》落幕 黄晓明朱一龙张翰获荣誉". Sina (dalam bahasa Mandarin). 1 Januari 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-11. Diakses tanggal 30 Oktober 2019. 
  18. ^ ""影视榜样·2018年度总评榜"榜单揭晓 影视大咖齐聚论坛话初心". People's Daily (dalam bahasa Mandarin). 8 Januari 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-21. Diakses tanggal 30 Oktober 2019. 
  19. ^ "罗晋戚薇获封年度品质男女演员 宋祖儿谈大学生活". Netease (dalam bahasa Mandarin). 13 Januari 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-17. Diakses tanggal 30 Oktober 2019. 
  20. ^ "众大咖"华山论剑",抖音、朱一龙获第四届中国网络视频学院奖年度大奖". Youth.cn (dalam bahasa Mandarin). 16 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-30. Diakses tanggal 30 Oktober 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]