Grup Tentara Vistula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Grup Tentara Vistula ( Jerman : Heeresgruppe Weichsel ) adalah Grup Tentara Wehrmacht atau angkatan bersenjata Nazi-Jerman yang dibentuk pada 24 Januari 1945 yang ditugaskan untuk melindungi Kota Berlin dari gempuran Tentara Uni Soviet yang maju dari Sungai Vistula yang membentang dari utara hingga selatan Polandia. Pasukan ini dipimpin oleh Jenderal Gotthard Heinrici.

Grup ini merupakan penyatuan dari elemen Grup Angkatan Darat A (hancur dalam Serangan Vistula-Oder Soviet ), Pusat Grup Angkatan Darat (sebagian besar dihancurkan dalam Serangan Prusia Timur), dan berbagai formasi baru atau ad hoc.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Grup Tentara Vistula dibentuk oleh Nazi-Jerman untuk menahan gempuran Tentara Merah Soviet yang pada saat itu, wilayah Uni Soviet sudah mencapai wilayah Vistula-Oder, wilayah ini merupakan wilayah yang terletak diantara sungai Vistula dan Oder di Polandia. Pada awal 1945, setelah Operasi Bagration yang dilancarkan Uni Soviet di Belarus, Jerman sudah kehilangan wilayahnya, seperti Hungaria, Rumania dan Bulgaria.

Heinrich Himmler sebagai komando pasukan Nazi-Jerman pun membentuk pasukan khusus untuk mengamankan wilayah Vistula-Oder, karena wilayah ini merupakan pertahanan alami terakhir Nazi-Jerman sebelum Tentara Merah Soviet meluluhlantakkan Kota Berlin. Akhirnya, Tentara Vistula gagal mempertahankan wilayah tersebut pada akhir Februari 1945. Pada Awal Maret 1945, Tentara Merah Soviet sudah berada di timur Berlin dan Adolf Hitler mengerahkan Tentara Vistula untuk mengamankan wilayah timur Berlin, tetapi gagal. Hingga pada 25 April, Kota Berlin berhasil dihancurkan oleh Tentara Merah Soviet dan Adolf Hitler bunuh diri pada 30 April 1945 dan Berlin resmi jatuh ke tangan Sekutu pada 2 Mei 1945, dan berakhirlah seluruh kekuasaan Nazi-Jerman dan tentaranya.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bahm, Karl (2001). Berlin 1945: The Final Reckoning. St. Paul: Motorbooks International.

Saut Pasaribu (2019). History of The World War

Beevor, A. Berlin: The Downfall 1945, Penguin Books, 2002, ISBN 0-670-88695-5

Glantz, David M. & House, Jonathan (1995),

When Titans Clashed: How the Red Army Stopped Hitler, Lawrence, Kansas: University Press of Kansas, ISBN 0-7006-0899-0

Hastings, Max (2004). Armageddon. New York: Macmillan Duffy pp. 51, 59 Lompat ke:a b Glantz (1995), p. 300

^ Bahm, pp. 51–52
Duffy, pp. 51, 59
^ Sims and Schilling, p. 23