Growl (perangkat lunak)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Growl
Growl icon
Tangkapan layar
Growl Pref Pane screenshot
Growl Pref Pane screenshot
Preferensi "Umum" Growl di System Preferences yang berjalan di Mac OS X Leopard.
Tipeperangkat lunak bebas dan Notification software
Versi pertama2004
Versi stabil
2.0.9
GenreSistem notifikasi
LisensiHak milik
perangkat lunak komersial
Karakteristik teknis
Sistem operasiMac OS X, Windows XP atau berikutnya
Bahasa pemrogramanObjective-C
Informasi tambahan
Situs webgrowl.info
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Growl adalah sistem notifikasi global dan notifikasi pop-up yang diimplementasikan ke dalam sistem operasi Mac OS X dan Windows[1]. Aplikasi menggunakan Growl untuk menampilkan notifikasi dari even-even yang berguna untuk pengguna. Perangkat lunak ini berguna untuk mengontrol penuh notifikasi-notifikasi, sekaligus memungkinkan pengembang aplikasi menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membuat notifikasi dan pengembang Growl berkonsentrasi pada fungsi notifikasi. Growl dapat digunakan untuk pada pusat notifikasi Apple yang ada pada Mac OS X 10.8 (Montain Lion) and higher.[2][3]

Detail[sunting | sunting sumber]

Growl diinstal sebagai panel preferensi yang ditambahkan ke System Preferences Mac OS X. Panel ini dapat digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan notifikasi Growl untuk aplikasi tertentu atau notifikasi spesifik untuk setiap aplikasi. Setiap notifikasi memberikan beberapa informasi, seperti "Download Finished" atau nama lagu iTunes saat ini. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan beberapa plugin tampilan, memberikan pengguna pilihan gaya yang berbeda untuk menyajikan notifikasi. Plugin tampilan mencakup gaya visual serta kemampuan untuk mengirim notifikasi melalui email, SMS, atau notifikasi push.[4] Plugin atau skrip pihak ketiga tersedia untuk menambahkan notifikasi Growl ke iChat, Mail, Thunderbird, Safari, dan iTunes.

Pengembang aplikasi dapat menggunakan Growl API untuk mengirimkan pemberitahuan kepada penggunanya. Growl menyertakan bindings untuk pengembang yang menggunakan bahasa pemrograman Objective-C, C, Perl, Python, Tcl, AppleScript, Java, dan Ruby.

Instalasi Adobe[sunting | sunting sumber]

Pada situs web Growl, dicantumkan aplikasi yang menginstal Growl tanpa izin pengguna, termasuk Adobe Creative Suite 5.[5] Adobe menerbitkan postingan blog yang meminta maaf karena menginstal Growl pada sistem pengguna tanpa izin, dan mengatakan bahwa mereka "secara aktif bekerja untuk mengurangi masalah". Adobe menambahkan artikel ke basis pengetahuannya yang menjelaskan notifikasi apa yang dikirimkan CS5 dan cara menghapus Growl.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Growl". growl (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-11. 
  2. ^ "Growl For Windows | Informasi Data H 2022". Growl For Windows | Informasi Data H 2022 (dalam bahasa Inggris). 2023-04-28. Diakses tanggal 2023-12-11. 
  3. ^ Foresman, Chris (2012-09-20). "Hands-on: Growl 2.0 integrates with Notification Center on OS X, iOS". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-11. 
  4. ^ "Howl : A Growl App for iPhone™". web.archive.org. 2010-03-13. Diakses tanggal 2023-12-11. 
  5. ^ "Growl - How did Growl get on your system?". web.archive.org. 2015-03-16. Diakses tanggal 2023-12-11.