Green–white–checker finish

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
bendera hijau
Hijau
bendera putih
Putih
Bendera kotak-kotak
kotak-kotak

Hijau-putih-pemeriksa selesai adalah aturan yang diadopsi dalam kejuaraan mobil NASCAR sejak tahun 2004. Aturan ini menyatakan bahwa, jika ada kemungkinan balapan dapat finis di bawah mobil keselamatan, itu diperpanjang untuk memungkinkan kesimpulannya dalam persaingan bebas.


Jumlah putaran terakhir yang ditentukan biasanya dua. Jika bendera peringatan ditampilkan dalam jumlah putaran yang ditentukan dari finish yang dijadwalkan, maka jumlah putaran yang tersisa tidak akan dikurangi sampai bendera hijau ditampilkan lagi. Ketentuan yang tepat bervariasi antara organisasi. Selama beberapa tahun setelah 2007, NASCAR di Fox merujuk pada putaran tambahan setelah nomor yang dijadwalkan sebagai Overdrive, sebuah referensi untuk istilah lembur digunakan di banyak olahraga lainnya. NASCAR secara resmi mengadopsi istilah "lembur NASCAR" pada tahun 2016.[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Di masa lalu, telah terjadi beberapa kali, karena kecelakaan atau lainnya, bendera kuning dikibarkan dan ''pace car'' memasuki tahap terakhir balapan, dan yang terakhir berakhir di catwalk yang sangat tidak spektakuler. mobil dalam satu file, dan dengan kecepatan yang dikurangi di bawah bendera kotak-kotak. Mengikuti keluhan dari publik dan televisi, NASCAR pada tahun 2004 memutuskan untuk memperkenalkan aturan ''green-white-checked finish''.

Pada dasarnya, jika periode "hati-hati" berlangsung hingga akhir balapan, itu diperpanjang sehingga, sesegera mungkin untuk melanjutkan lari bebas, dua putaran terakhir dapat diselesaikan: sebenarnya, pada awal apa adalah putaran kedua dari belakang bendera hijau (''bendera hijau'') ditampilkan yang membuka kembali permusuhan, pada bagian berikutnya putaran terakhir dimulai, diumumkan oleh arah balapan dengan bendera putih (''bendera putih''), dan kemudian berakhir di bawah bendera kotak-kotak tradisional. Jika kecelakaan lain terjadi sementara itu sehingga balapan harus dihentikan lagi, seluruh prosedur diulangi.

Hanya ada satu kasus, sejak 2004, di mana aturan ini belum sepenuhnya diterapkan: sebenarnya dalam sengketata balapan di Pocono pada 2007, akibat matangtuti yang "tidak terduga" di akhir balapan., hijau-putih-kotak-kotak-selesai diterapkan enam kali. Baik, jadi karena awal kegelapan (tanaman Pocono tidak menyala), direktur balapan memutuskan untuk mengakhiri permusuhan dalam rezim hati-hati


Tanda green-white-checkered tidak berlaku untuk balapan sirkuit jalanan, tetapi hanya untuk balapan oval.

ARCA (2003–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Di ARCA Menards Series, ada versi dua tahap dari aturan tersebut. Aturan diatur sedemikian rupa sehingga bendera kotak-kotak harus melambai dalam kondisi bendera hijau.

  • Jika putaran terakhir balapan yang dijadwalkan berada di bawah kehati-hatian saat bendera hijau dikibarkan untuk upaya restart, ada dua putaran tersisa dalam balapan. Jika peringatan keluar kapan saja selama putaran pertama dari dua putaran, setiap restart berikutnya akan menjadi restart dua putaran.
  • Jika bendera kuning terkilir dengan jari menunjuk ke bawah (satu putaran sebelum restart dalam formasi file tunggal) diberikan dengan dua putaran tersisa dalam perlombaan, dan restart pada putaran terakhir yang dijadwalkan, bendera hijau dan putih akan dikibarkan. melambai bersama dan balapan hanya akan memiliki satu putaran tersisa.
  • Jika peringatan keluar selama putaran terakhir (setelah bendera putih dikibarkan), balapan segera kembali menjadi kuning. Pada restart berikutnya, bendera hijau dan putih dikibarkan untuk menandakan satu putaran tersisa dalam balapan. Jika bendera kuning dikibarkan sebelum pemimpin melewati garis finis, balapan akan dilanjutkan dengan warna kuning hingga restart, yang lagi-lagi satu putaran.

NASCAR[sunting | sunting sumber]

Seri Regional (sampai 2010)[sunting | sunting sumber]

Camping World East and West Series menggunakan aturan yang mirip dengan aturan ARCA dengan jumlah percobaan yang tidak terbatas. Pada bulan April 2005, dua percobaan kotak-kotak hijau-putih digunakan di Phoenix International Raceway untuk balapan Camping World West.


Seri Truk Camping World (1995–2004)[sunting | sunting sumber]

Seri truk Dunia Perkemahan NASCAR mengadopsi aturan bendera kotak-kotak hijau-putih pada awalnya selama balapan pameran 200 putaran yang disiarkan secara nasional di Tucson Raceway Park di Arizona.

Saat bendera hijau dikibarkan saat restart, balapan tersisa dua lap. Jika bendera kuning keluar kapan saja selama restart, setiap restart berikutnya akan menjadi restart dua putaran. (Dari 1995 hingga pertengahan 1998 dan lagi sejak 2003, balap kembali ke hati-hati dilarang dalam seri.)

Namun, jika pada saat restart hanya tersisa satu putaran terjadwal, ada bendera hijau dan putih untuk memulai kembali putaran tersebut. Aturan itu diterapkan beberapa kali.

Di pertengahan musim 1998, bagaimanapun, perubahan aturan oleh NASCAR mempengaruhi aturan; jika bendera kuning keluar pada putaran terakhir balapan, truk akan berlomba sampai finis. (Pada pertengahan musim 1998, saat NASCAR menghilangkan balapan dua segmen, NASCAR mengizinkan truk untuk berpacu dengan hati-hati.) Aturan itu dihilangkan pada September 2003 sebagai akibat dari larangan balapan kembali ke hati-hati setelah insiden berbahaya di Loudon.

Pada balapan Juli 2004 di Gateway International Raceway, beberapa kali restart kotak-kotak hijau-putih menghasilkan balapan 160 putaran dengan 14 putaran tambahan. Setelah balapan itu, aturan diubah untuk menstandarkan aturan dengan seri nasional NASCAR lainnya, yang juga mengadopsi aturan tersebut.


2004–2015 Aturan catur putih hijau[sunting | sunting sumber]

Sepanjang sebagian besar sejarahnya, NASCAR memegang aturan yang sangat ketat dari balapan mereka hanya untuk jarak yang diiklankan, seperti yang ditunjukkan pada formulir masuk, di balap nasional. Satu-satunya pengecualian adalah di The Winston, sebuah pameran, non-poin, acara "all star". Dalam hal itu, putaran hati-hati tidak akan dihitung selama segmen terakhir balapan, untuk memastikan balapan akan memiliki balap bendera hijau maksimum.

Dari tahun 2001 hingga 2002, non-poin lainnya, acara pameran selama musim, Bud Shootout mengadopsi aturan kotak-kotak hijau-putih, jika perlu. Itu tidak digunakan selama periode itu.

Pada akhir 1990-an, dua seri nasional NASCAR lainnya, Seri Piala Winston dan Seri Nasional Besar NASCAR Busch, telah menetapkan preseden longgar yang memungkinkan bendera merah dikibarkan. ditampilkan saat bendera peringatan balapan terlambat. Pada saat itu, balapan di dua sirkuit nasional lainnya dilarang diperpanjang di luar jarak yang diiklankan. Tindakan itu akan menghentikan sementara balapan, memungkinkan kru keselamatan untuk membersihkan lintasan, dan memungkinkan untuk memulai kembali sepenuhnya, tanpa lapangan membakar sisa lap di bawah warna kuning. Awalnya, aturan itu hanya digunakan di trek pendek, tetapi akhirnya menyebar ke semua balapan. Implementasinya tidak konsisten dan menimbulkan kontroversi.

  • Pada 2002 Pepsi 400, peringatan balapan terlambat dikeluarkan, dan peserta serta penonton mengharapkan bendera merah. NASCAR memilih untuk tidak menghentikan balapan, dengan alasan terlalu sedikit lap yang tersisa, dan para penggemar melempari sirkuit dengan kaleng, bantalan kursi, dan puing-puing lainnya saat selesai dengan warna kuning. Keputusan untuk tidak kembali ke jalur hijau didasarkan pada insiden yang terjadi di dua lintasan pelat pembatas (Daytona International Speedway dan Talladega Superspeedway). Di 1993 Winston 500 di Talladega, lapangan kembali hijau dengan dua lap tersisa. Melalui dogleg menuju garis finish, medan yang padat menyebabkan Dale Earnhardt menandai Rusty Wallace, menyebabkan Wallace melayang di udara dan membalik dengan keras, mirip dengan kecelakaan sebelumnya di 1993 Daytona 500 . Di 1997 Pepsi 400 di Daytona, restart dengan satu putaran tersisa menyebabkan kecelakaan multi-mobil, yang melukai Mark Martin.

Untuk tahun 2003 dan 2004, aturan bendera merah agak diperjelas untuk menstandarisasi penggunaan, dengan putaran tertentu, biasanya lima putaran tersisa, menjadi putaran yang ditetapkan sebagai "lap bendera merah terakhir." Televisi akan menyebutkan putaran seperti itu selama balapan secara spesifik di siaran.

  • Pada akhir tahun 2003, NASCAR, dalam langkah yang tidak terkait, menambahkan Aturan Penerima dan melarang pembalap dari balapan kembali ke garis start/finish ketika bendera kuning ditampilkan setelah Casey Mears, mencoba untuk mendapatkan satu putaran kembali, hampir menabrak Dale Jarrett yang macet dalam contoh seperti itu. Lapangan dibekukan pada awal kuning berdasarkan interval waktu terakhir. Kombinasi tak terduga dari dua aturan baru menciptakan masalah yang tidak terduga.
  • Sebuah penyelesaian kontroversial pada 2004 Aaron's 499 di Talladega terjadi ketika Jeff Gordon dan Dale Earnhardt, Jr. berlomba untuk memimpin dengan lima lap tersisa. Lapangan sedang mengerjakan Lap 184 dari 188, di luar titik ketika bendera merah bisa menghentikan balapan (lap bendera merah terakhir adalah 184). Saat Earnhardt Jr. melewati Gordon untuk memimpin, Brian Vickers berputar di tikungan tiga. Ketika hati-hati ditampilkan, membekukan lapangan, ditentukan bahwa mobil Gordon tepat di depan Earnhardt, dan Gordon dinilai sebagai pemimpin, dan dengan demikian, pemenangnya. Pada lap terakhir, beberapa penggemar yang marah kembali melemparkan puing-puing (bantalan kursi, botol minuman beralkohol) ke trek ke mobil Gordon, yang membuat marah banyak pengamat, termasuk komentator Fox Chris Myers dan Jeff Hammond.

Di tengah kontroversi, pada pertengahan Juli 2004, ketiga seri tur mengadopsi aturan kotak-kotak hijau-putih baru yang direvisi. Format yang direvisi menangani peringatan balapan terlambat dengan cara yang standar. Aturan tersebut diadopsi pada 2011 untuk semua seri regional NASCAR, dan diadopsi pada 2012 untuk Euro Race Car setelah NASCAR mengambil alih sanksi seri tersebut sebagai seri regional NASCAR.


Perhatian setelah pemimpin memulai putaran terakhir atau setelah restart ketiga dalam situasi[sunting | sunting sumber]

Perlombaan berakhir. Posisi dibekukan pada saat bendera kuning, dan penilaian resmi saat mobil melewati garis finis. Poin kedua adalah poin kritis: mobil harus mampu menyelesaikan putaran terakhir dengan tenaga mereka sendiri. LifeLock 400 2007 agak kontroversial karena alasan ini. Greg Biffle adalah pemimpin di putaran terakhir ketika bendera peringatan diperlihatkan, tetapi mobilnya kemudian kehabisan bahan bakar. Biffle tidak mampu mempertahankan kecepatan kecepatan mobil, tetapi dia berhasil meluncur melintasi garis finis dan dianugerahi kemenangan meskipun dilewati oleh beberapa mobil saat dalam kehati-hatian.

Ada pengecualian penting untuk aturan ini. Jika ada insiden selama putaran terakhir di belakang para pemimpin, dan lari ke garis finis jelas bagi para pemimpin, NASCAR dapat menunda kehati-hatian sampai bendera kotak-kotak dikibarkan, memungkinkan para pemimpin berlomba untuk menang. Dalam kasus seperti itu, pekerja keselamatan lintasan dapat tiba di tempat kejadian. Pengecualian ini digunakan di Daytona 500 2007 selama kecelakaan putaran terakhir di tri-oval, Aaron's 499 2009 ketika Carl Edwards mengudara ke pagar pembatas Ryan Newman dan berhenti di tengah trek saat mobil meluncur ke kedua sisi untuk melewati garis, Daytona 500 2013 di mana kecelakaan kecil terjadi di tikungan 2 di belakang paket, dan Coke Zero 400 2013 di mana dua bangkai kapal terbuka di putaran terakhir  – satu di tikungan 2 dan satu lagi datang ke tri-oval.


Perhatian dengan dua putaran tersisa dalam jarak yang dijadwalkan atau setelah restart kotak-kotak hijau-putih yang tidak valid[sunting | sunting sumber]

Jika periode kehati-hatian dimulai, atau berlanjut, kapan pun dengan dua putaran tersisa dalam jarak yang dijadwalkan, NASCAR mengizinkan setidaknya satu upaya untuk menyelesaikan balapan dalam kondisi bendera hijau. Dari 2004 hingga 2009, satu upaya diizinkan; mulai tahun 2010, hingga tiga upaya dapat dilakukan.[2] Ini dimulai dengan Budweiser Shootout 2010. Dengan dua lap tersisa, selama kotak hijau-putih resmi, Jeff Gordon masuk ke belakang Greg Biffle, menciptakan kecelakaan multi-mobil dan memberikan kemenangan kepada Kevin Harvick.

Ketika ditentukan bahwa lintasannya bersih untuk balapan, bendera hijau akan ditampilkan, yang menunjukkan dimulainya kembali. Saat pemimpin menyelesaikan putaran pertama, bendera putih dikibarkan, menandakan putaran terakhir. Saat pemimpin menyelesaikan putaran kedua, bendera kotak-kotak dikibarkan, menandakan akhir balapan.

Dari tahun 2010 hingga 2015, jika bendera peringatan diperlihatkan selama putaran pertama dari dua putaran, posisi akan dibekukan seperti saat peringatan balapan reguler, dan percobaan catur hijau-putih kedua akan dilakukan, hingga maksimum dari tiga upaya. Dari tahun 2016 hingga Agustus 2017, peraturan diubah sehingga "garis perpanjangan waktu" ditetapkan (biasanya di pertengahan putaran kedua dari belakang), dan jika peringatan pada percobaan kotak-kotak hijau-putih terjadi sebelum garis tersebut dilewati, percobaan lain adalah dilakukan saat restart, sampai restart yang sah telah dilakukan (didefinisikan sebagai pemimpin lomba mencapai garis lembur di bawah hijau). Dimulai di Watkins Glen pada Agustus 2017, NASCAR, berusaha untuk menghilangkan penyelesaian kontroversial, memindahkan garis lembur kembali ke garis start-finish, pada dasarnya kembali ke aturan 2010-2015 tetapi dengan upaya tak terbatas untuk menyelesaikan di bawah hijau.


Perhatian pada restart kotak-kotak hijau-putih yang valid[sunting | sunting sumber]

Perlombaan tidak akan memiliki perpanjangan lebih lanjut setelah pemimpin telah mencapai "garis lembur" di bawah hijau pada lap kedua dari belakang dalam finish kotak-kotak hijau-putih, bahkan jika pemimpin tidak mengambil bendera putih. Kondisi yang sama berlaku seolah-olah pemimpin telah mengambil bendera putih. Jika balapan berakhir karena kehati-hatian, bukti video digunakan sebagai tambahan untuk mencetak putaran untuk menentukan urutan finis resmi.

Finishing kotak-kotak hijau-putih akan memperpanjang balapan di luar jarak yang diiklankan, dan pesaing tidak diizinkan masuk pit untuk bahan bakar tanpa menyerahkan posisi trek. Tim bertanggung jawab untuk mempertimbangkan jarak yang lebih jauh dalam strategi bahan bakar mereka. Namun, jika pembersihan diperkirakan akan memakan waktu cukup lama, NASCAR dapat menandai balapan dengan mobil-mobil di trek, sehingga mobil tidak menghabiskan semua bahan bakarnya saat dalam keadaan hati-hati.


Kegunaan lain[sunting | sunting sumber]

Sering kali balapan lintasan pendek yang berjalan kurang dari 55 km (35 mil) akan menggunakan aturan yang menyatakan tidak ada penghitungan putaran hati-hati. Ini adalah hal yang biasa untuk balapan fitur mingguan yang berada di bawah 100 putaran. Balapan mobil cebol dan sprint yang khas tidak akan menghitung putaran hati-hati.

Balapan trek pendek lainnya (terutama yang 100 putaran atau lebih) akan menggunakan aturan yang menyatakan lima putaran terakhir harus dijalankan di bawah kondisi bendera hijau, seringkali dengan aturan yang menyatakan lima putaran berturut-turut harus dijalankan di bawah warna hijau. Jika kehati-hatian terjadi selama lima putaran terakhir, penghitung dapat diatur ulang, tergantung pada trek, dan lima putaran dimulai pada restart berikutnya.

British Superbike Championship balap motor menggunakan aturan yang sama setelah dua pertiga balapan selesai. Setelah dua pertiga putaran balapan (dibulatkan ke bawah) telah diselesaikan, jika caution dipanggil, balapan akan diperpanjang tiga putaran.

Misalnya, dalam balapan 18 putaran, peringatan dilambaikan pada putaran ke-14 (dua pertiganya adalah 12 putaran). Periode kehati-hatian berlangsung selama tiga lap, dengan safety car masuk pada akhir lap ke-16, secara efektif memanggil restart pada Lap 17. yang akan menjadi dua lap tersisa. Namun, peraturan Superbike Inggris menyatakan bahwa setelah dua pertiga jarak balapan dilewati, tiga putaran pertama dengan hati-hati "tidak dihitung sebagai putaran balapan," mirip dengan balap trek pendek, sehingga menerapkan gaya kotak-kotak hijau-putih. aturan di mana tiga putaran ditambahkan ke jarak balapan yang dijadwalkan, sehingga membuat balapan menjadi total 21 putaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aturan dan Statistik Lembur NASCAR". 25 Oktober 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-11. Diakses tanggal 2022-07-06. 
  2. ^ Newton, David (2010-02-11). "Green-aturan white-checker diperluas". ESPN.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-15. Diakses tanggal 2010-02-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]