Gording

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tampilan atap menggunakan rangka gording umum.

Gording atau purlin adalah anggota struktural memanjang, horizontal, di atap. Purlin ditandai dengan warna merah. Pemandangan ini dari dalam gedung, di bawah atap. Kasau adalah balok kayu yang miring ke atas dari tanah. Mereka bertemu di bagian atas atap pelana di balok bubungan, yang memiliki penyangga tambahan untuk memasangnya ke kasau. Gording adalah balok besar yang tegak lurus dengan kasau; dari bidikan ini, tampak bahwa ada tiga gording di kedua sisi atap. Papan selubung terkadang disebut geladak atap dan dicat putih.

Dalam rangka kayu tradisional ada tiga jenis dasar purlin: Pelat Purlin, Purlin Utama, dan Purlin Umum.

Dalam konstruksi baja[sunting | sunting sumber]

Dalam konstruksi baja, istilah gording biasanya mengacu pada anggota rangka atap yang membentang sejajar dengan atap bangunan, dan menopang penghiasan atau pelapis atap. Gording pada gilirannya didukung oleh kasau atau dinding. Gording paling sering digunakan dalam Sistem Bangunan Logam, di mana bentuk-Z digunakan dengan cara yang memungkinkan kontinuitas lentur antar bentang.

Praktik industri baja memberikan penunjukan perwakilan bentuk struktural untuk deskripsi steno yang nyaman pada gambar dan dokumentasi: Bagian saluran, dengan atau tanpa pengaku flensa, biasanya dirujuk sebagai bentuk C; Bagian saluran tanpa pengaku flensa juga direferensikan sebagai bentuk U; Bagian simetris titik yang berbentuk mirip dengan huruf Z dirujuk sebagai bentuk Z. Penunjukan bagian dapat bersifat regional dan bahkan khusus untuk pabrikan. Dalam konstruksi bangunan baja, elemen sekunder seperti gording (atap) dan girts (dinding) sering kali merupakan bagian C, Z atau U dari baja bentuk dingin, (atau gilingan pabrik) bagian C.

Komponen yang dibentuk dingin dapat menjadi efisien berdasarkan berat relatif terhadap bagian gilingan gilingan untuk aplikasi komponen sekunder. Selain itu, bagian Z dapat disarangkan untuk bundel transportasi dan, pada bangunan, disusun pada penyangga untuk mengembangkan balok kontinu yang efisien secara struktural di berbagai penyangga.

Referensi[sunting | sunting sumber]