Google Search Console

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmasters) merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Pada tanggal 20 Mei 2015, Google merubah nama "Google Webmasters" menjadi "Google Search Console". Pada bulan Januari 2018, Google meluncurkan versi baru dari Google Search Console dengan antarmuka dan fitur yang lebih lengkap dari versi lama.

Fitur Utama[sunting | sunting sumber]

Fitur utama dari Google Search Console adalah untuk mendaftarkan situs-situs baru ke daftar indeks Google. Ada perbedaan untuk situs dengan hosting blogspot dan hosting selain blogspot:

  • Untuk hosting blogspot, verifikasi akan dilakukan secara otomatis jika email yang terdaftar di Search Console sama dengan email yang terdaftar di Blogger
  • Untuk hosting non blogspot, maka webmaster diwajibkan untuk menambahkan meta tag khusus untuk verifikasi pada susunan HTML situs

Segera setelah proses verifikasi selesai, maka situs sudah secara resmi masuk dalam indeks Google.

Fitur Optimasi Untuk Webmaster[sunting | sunting sumber]

Google Search Console menyediakan fitur untuk optimasi antara lain:

Submit Sitemap[sunting | sunting sumber]

Setiap situs wajib untuk mengirimkan sitemap ke Search Console guna mempermudah perayap mesin pencari dalam memahami struktur situs. Sitemap yang dikirimkan harus valid dan dapat dirayapi oleh robot perayap. Protokol sitemap yang diterima berjenis XML (Extensible Markup Language) dan menerima berkas HTML (Hyper Text Markup Language).

Status Perayap[sunting | sunting sumber]

Google Search Console menyediakan data tentang status perayapan situs. Ini mencakup berapa banyak link yang dirayapi per harinya sampai dengan waktu yang dibutuhkan perayap dalam mengunduh situs.

Validasi robots.txt[sunting | sunting sumber]

Buat atau Ganti file robots.txt. File robots.txt berfungsi untuk menentukan mana tautan yang bisa dirayapi dan mana yang tidak.

Data tautan[sunting | sunting sumber]

Laporan ini berisi tentang seputar tautan dari luar ke situs maupun tautan internal antar konten.

Structured Data Testing Tool (Alat Penguji Data Terstruktur)[sunting | sunting sumber]

Alat ini berguna untuk situs yang menggunakan rich snippets (Cuplikan Kaya). Google Search Console akan menunjukkan apakah status data snippets berjalan dengan benar atau tidak.

Fetch as Google[sunting | sunting sumber]

Alat ini berfungsi untuk memastikan apakah robot perayap Google bisa memahami dan membaca situs layaknya pengunjung manusia. Bisa juga untuk memastikan apakah tautan terblokir oleh robots.txt atau berjalan normal.

Pengaitan dengan Google Analytics[sunting | sunting sumber]

Laporan dari Google Search Console dapat dikaitkan dengan laporan dari Google Analytics. Data yang akan ditampilkan adalah grafik jumlah klik dari mesin pencari beserta kueri yang digunakan dan dilengkapi dengan parameter pendukung seperti jumlah Rasio klik tayang, posisi rata-rata di hasil pencarian, dan jumlah tayangan di hasil pencarian.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]