Google Play Services

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Google Play Services
Tipeaplikasi seluler dan fitur perangkat lunak
Versi pertama26 September 2012; 11 tahun lalu (2012-09-26)
LisensiHak milik
Bagian dariGoogle Mobile Services
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid
PlatformAndroid
Formatunduhan digital
Metode inputlayar sentuh
Informasi pengembang
PengembangGoogle LLC
PenyuntingGoogle
PenerbitGoogle Play
Informasi tambahan
Situs webdevelopers.google.com… (Inggris)
Stack ExchangeEtiqueta
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Google Play Service adalah aplikasi perangkat lunak ciptaan Google yang berperan vital dalam menjalankan sistem di Android. Google Play Service biasanya telah terinstal secara default dalam perangkat Android. Saat pertama diperkenalkan, layanan ini menyediakan akses ke API Google+ dan OAuth 2.0 yang meliputi berbagai layanan di Google. Google Play Service berperan untuk menyinkronkan akun-akun Google, seperti Gmail, Google Maps, Google Play Games, dan berbagai layanan Google lainnya.

Oleh karena itu, pengguna diharuskan menyetujui persyaratan penggunaan Google jika ingin memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam layanan Google Play Service. Penggunaan Google Play Service ini memiliki berbagai layanan dengan kelebihan dan kekurangan.

Layanan[sunting | sunting sumber]

Google Play Service memberikan pelayanan mutakhir terkait dengan pengembangan pengalaman jejaring sosial, multipemain, dan pencapaian. Misalnya, Saved Games API memberikan pelayanan untuk menyinkronkan game dengan penyimpanan cloud Google. API lokasi menyediakan berbagai teknologi tentang lokasi. Kemudian ada API genforcing yang dapat menjadwalkan setiap tindakan ektika pengguna memasuki atau meninggalkan suatu batas geografs tertentu. Melalui hal itu, pengguna bisa mendapatkan informasi lokasi secara aktual. Bahkan terbaru, Google Maps menambahkan fitur yang dapat mencegah informasi palsu terkait dengan lokasi.[1] Fitur ini akan bekerja ketika terdapat pola-pola tidak biasa yang muncul, sehingga Google akan membatasi adanya informasi yang tidak sesuai dengan konten yang dipilih.[1]

Google Mobile Ads mengintegrasikan dan mengelola iklan di dalam aplikasi di perangkat keras. Google Pay API memberikan pelayanan dalam hal transaksi barang maupun jasa, salah satunya adalah dapat digunakan untuk transaksi crypto atau mata uang virtual yang dijaga keamanannya dengan kriptografi.[2] Google Play Protect juga salah satu layanan Google Play Service yang berupa perlindungan terhadap perangkat lunak dan hampir selalu ada di setiap gawai para penggunanya.[3] Google Play Protect melindungi perangkat dari malware yang dapat membahayakan perangkat.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Josina. "Google Maps Hadirkan Fitur Tangkal Informasi Palsu". detikinet. Diakses tanggal 2023-11-27. 
  2. ^ Liputan6.com (2023-01-23). "Binance: Beli Kripto Kini Bisa Lewat Apple Pay dan Google Pay". liputan6.com. Diakses tanggal 2023-11-27. 
  3. ^ "Google Play Protect Introduces Real-Time Code-Level Scanning for Android Malware". The Hacker News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-27.