Godam Reborn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cover Godam Reborn (2006)

Godam Reborn adalah judul sebuah buku komik yang diterbitkan oleh Metha Studio pada tahun 2006. Komik ini berdasarkan karakter Godam karya komikus Indonesia Wid NS. Putra Wid NS yaitu Fajar Sungging Pramodito yang menulis dan mengerjakan sequential art buku ini.

Godam Baru[sunting | sunting sumber]

Sebagai usaha menghidupkan kembali karakter Godam, tim dari Metha Studio memunculkan Godam yang lain dari Godam buatan Wid NS. Godam di sini tanpa jubah merah, terbang menggunakan sepatu roket, tidak mempunyai kekuatan super, menggunakan ilmu bela diri, kebal karena baju anti peluru dan memakai topeng dengan peralatan night vision.

Ilmuwan dan Mantan Polisi[sunting | sunting sumber]

Seorang ilmuwan jenius bernama Doktor Giri pernah ditolong oleh Godam ketika ayahnya yang berprofesi sebagai hakim bersama keluarganya akan dibantai oleh orang-orang suruhan dari pihak yang tidak puas akan keputusannya. Giri tumbuh dengan mengidolakan Godam. Giri dengan bantuan Awang --yang tanpa sepengetahuan siapapun adalah pemegang cincin Godam—mengamati seorang detektif polisi yang pemberani bernama Pandu. Pandu yang akhirnya cacat akibat suatu kecelakaan dalam tugas mendapat bantuan dari Giri dengan syarat ia mau menjadi sosok pahlawan idola Giri. Godam. Giri telah menciptakan segala macam peralatan berteknologi canggih untuk menirukan segala macam kemampuan Godam asli. Dengan bantuan seorang detektif polisi yang masih aktif dan dekat dengan Pandu yaitu Nastri, Godam baru menjalankan aksi-aksinya.

Godam Reborn 2: Jodoh Buat Awang[sunting | sunting sumber]

Godam baru (Pandu) dengan kostum sedikit berbeda dengan Godam asli (Awang) beraksi dalam Godam Reborn 2: Jodoh Buat Awang. Gambar oleh Sungging,2008

Pada tahun 2008 Sungging melanjutkan logi ke dua Godam Reborn yang berjudul Jodoh buat Awang. Di buku ini Awang bertemu kembali dengan kekasih lamanya yang tidak jadi dinikahinya dikarenakan tugasnya sebagai Godam pada hari-hari lalu. Awang ingin menjalin kembali hubungan mereka. Munarsih, janda berputra satu yang bernama Narung sebetulnya memberi lampu hijau, tetapi Narung putranya memusuhi Awang. Kebencian Narung dimanfaatkan pihak-pihak yang dendam dengan Godam baru (alias Pandu)untuk menghabisi Godam (Pandu). Pada saat kritis Awang berubah menjadi Godam (Godam asli) untuk menyelamatkan Narung. Awang diliputi rasa bimbang akan pilihan hidupnya. Dia ingin melepas identitasnya sebagai Godam dan menumpas kejahatan untuk menikahi Munarsih, dia bingung kepada siapa dia mewariskan cincin sakti Godam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sungging, 2006, Godam Reborn.
  • Sungging dan Hasmi,2008 Godam Reborn 2: Jodoh Buat Awang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]