Lompat ke isi

Glycerius (uskup Milan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Glycerius (Bahasa Italia: Glicerio) adalah Uskup Agung Milan dari tahun 436 hingga 438. Ia dihormati sebagai Santo di Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks Timur.

Koin Romawi dengan gambar Glycerius

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Hampir tidak ada yang diketahui tentang kehidupan dan keuskupan Glycerius. Ia adalah seorang diakon Milan sebelum terpilih menjadi uskup Milan pada tahun 436. Ia mungkin pernah menjadi pengajar Kaisar Romawi Barat, Valentinianus III, posisi yang mungkin ia pertahankan saat ia menjadi uskup Milan.[1] Dia menghabiskan sebagian besar masa pemerintahannya di Antiokhia di Suriah.

Glycerius meninggal pada tanggal 15 September 438 dan dimakamkan di Gereja St. Nazarius dan Celsus di Milan. Fragmen dari epigrafi pemakamannya dapat ditemukan pada gereja tersebut. Hari perayaannya adalah pada tanggal 20 September.[2]

Kebingungan dengan Kaisar Glycerius[sunting | sunting sumber]

Santo Glycerius secara keliru disalahartikan sebagai Glycerius (sekitar 420 - setelah 480), yang merupakan salah satu Kaisar Romawi Barat terakhir (m. 473–474), dan menjadi uskup Salona setelah deposisinya. Catatan mengenai kehidupan kaisar di kemudian hari beragam:

  • Menurut penulis sejarah Marcellinus Comes, "Kaisar Glycerius, yang memegang kekuasaan kekaisaran di Roma, digulingkan dari kekuasaan di pelabuhan Roma oleh Nepos, putra dari saudara perempuan mantan bangsawan Marcellinus. Dari Kaisar ia ditahbiskan menjadi uskup, dan dia meninggal."[3]
  • Yohanes dari Antiokhia dan Yordanes sama-sama menulis bahwa Kaisar Glycerius menjadi uskup Salona setelah Nepos merebut Roma, menangkap Glycerius tanpa perlawanan dan, setelah mencabut gelar kerajaannya, mengangkatnya ke tahta ini.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cazzani, Eugenio (1996). Vescovi e arcivescovi di Milano. Milano: Massimo. hlm. 26–27. ISBN 88-7030-891-X. (dalam bahasa Italia)
  2. ^ Ruggeri, Fausto (1991). I Vescovi di Milano. Milano: NED. hlm. 15. ISBN 88-7023-154-2. (dalam bahasa Italia)
  3. ^ a b Mathisen, Ralph W. (1997). "Glycerius (3/5 March 473 - June 474)". De Imperatoribus Romanis. Diakses tanggal 27 Sep 2011.