Lompat ke isi

Yohanes dari Antiokhia (sejarawan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yohanes dari Antiokhia (Bahasa Yunani: Ίωάννης Άντιοχείας) adalah seorang penulis sejarah abad ke-7, yang menulis dalam bahasa Yunani. Ia adalah seorang biarawan, yang tampaknya sezaman dengan Kaisar Heraklius (m. 610–641). Heinrich Gelzer mengidentifikasi penulisnya dengan Patriark Ortodoks Suriah Monofisit dari Antiokhia John dari Sedre, yang memerintah dari tahun 630 hingga 648.[1]

Historia chronike[sunting | sunting sumber]

Kronik Yohanes dari Antiokhia, Historia chronike, adalah sejarah universal yang terbentang dari Adam hingga kematian Phocas; ini adalah salah satu dari banyak adaptasi dan tiruan dari kronik John Malalas yang lebih terkenal. Sumbernya termasuk Sextus Julius Africanus, Eusebius, dan Ammianus Marcellinus. Sekarang hanya tersisa fragmennya saja.

Fragmen kronik tersebut terdapat dalam dua koleksi, Kodeks Parisinus 1763, yang diterbitkan dalam edisi Claudius Salmasius, dan ensiklopedia sejarah dalam lima puluh tiga bab yang dibuat atas perintah Konstantinus VII Porphyrogenitus (m. 912–959), yang disebut Excerpta Constantiniana. Dari koleksi Konstantinus hanya sebagian yang tersisa.[2] Dua judul: "Tentang Kebajikan dan Keburukan" dan "Tentang Konspirasi Melawan Kaisar" berisi sisa-sisa sastra Yohanes dari Antiokhia. Kesulitan muncul dari kenyataan bahwa sebagian besar kutipan (dari Persemakmuran Romawi Justin I) sangat berbeda dari kutipan terkait dalam koleksi Salmasian. Bagian-bagian Konstantinus bersifat tulisan sejarah Yunani kuno, bagian-bagian Salmasian lebih bersifat Bizantium dan Kristen. Kompilasi Salmasian lebih tua, dan tampaknya merupakan teks aslinya; yang lainnya tidak diragukan lagi merupakan penataan ulang yang dibuat di bawah pengaruh Renaisans Helenistik yang dimulai oleh patriark Photius. Namun beberapa pihak berwenang melihat di dalamnya dua dokumen asli yang berbeda dan berbicara tentang Yohanes dari Antiokhia yang "Konstantinian" dan "Salmasian".

Kutipan Salmasian diedit oleh Cramer, Anecdota Graecae cod. Nona. regiae Parisiensis, II, Oxford 1839, 383–401. Kedua rangkaian fragmen tersebut ada dalam C. Muller, "Fragmenta Historicorum Graecorum", vol. IV, Paris, 1883, 535–622; V, 27–8.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gelzer, Sextus Julius Africanus, 41.
  2. ^ Krumbacher, Byzantinische Litteraturgebchichte, 258–60.