Drenas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Glogovac)
Lokasi Drenas di Kosovo

Drenas, atau juga dikenal sebagai Gllogoc atau Glogovac, adalah sebuah kota dan munisipalitas di Kosovo.[a] Menurut sensus tahun 2011, populasi di bagian kota adalah 6.143 penduduk dan di keseluruhan munisipalitas terdapat 58.531 penduduk.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lambang Drenas

Munisipalitas Drenas dibentuk sebelum Perang Dunia 2. Sejak tahun 2000, sektor ekonomi, agrikultural, pendidikan, medis, dan industri meningkat drastis.

Sebelum dan saat Perang Kosovo (1998–1999), separatis beretnis Albania, Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) mempunyai pengaruh yang besar. Pada saat perang, separatis mengontrol munisipalitas ini. Drenica, termasuk juga munisipalitas ini hancur karena perang. Pembantaian [en] di Drenica dilakukan oleh pasukan Republik Federal Yugoslavia. Proses ekshumasi dilakukan di kuburan masal untuk menguak kejahatan perang ini.[1][2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kosovo adalah subjek sengketa teritorial antara Republik Serbia dengan Republik Kosovo yang memproklamirkan kemerdekaannya secara sepihak. Majelis Kosovo menyatakan kemerdekaannya pada 17 Februari 2008, sementara Serbia mengklaimnya sebagai wilayahnya yang berdaulat. Kemerdekaan Kosovo diakui oleh 114 negara-negara anggota PBB.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A Kosovo Chronology". PBS. Diakses tanggal 4 July 2012. 
  2. ^ "Serbs accused of clearing mass graves". BBC News. 18 May 1999. Diakses tanggal 4 July 2012.