Novo Brdo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Novo Brdo di Kosovo

Novo Brdo (Abjad Kiril Serbia: Ново Брдо), atau Novobërda dan Artana (bahasa Albania: Novobërdë atau Artanë) adalah sebuah munisipalitas di Distrik Pristina, Kosovo.[a] Pusat dari munisipalitas ini berada di desa Bostane.

Kota ini termasuk bagian dari Komunitas Munisipalitas Serbia setelah Persetujuan Brussel 2013.

Novo Brdo termasuk dalam kategori kota bersejarah.[1] Dokumen tertua yang mencatat nama kota ini ditulis pada tahun 1326. Dalam Bahasa Latin, nama kota ini dahuluny adalah Novus Mons atau Novamonte dan Nyeuberghe dalam Bahasa Saxon. Pada abad pertengahan, kota ini termasuk kota besar dengan benteng/kastil di atas gunung. Kastil tersebut dibangun pada masa Kekaisaran Serbia. Pada awal abad ke-15, pendeta Ortodoks tinggal di kota ini. Disana, terdapat pertambangan besi, emas, dan timah dan tempat peleburan hasil tambang. Pada tahun 1450, pertambangan perak memproduksi kurang lebih 6000 kg per tahun. Pada tahun 1591, di masa kepemimpinan Ottoman, kota ini termasuk bagian dari Sanjak Vuçitern.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kosovo adalah subjek sengketa teritorial antara Republik Serbia dengan Republik Kosovo yang memproklamirkan kemerdekaannya secara sepihak. Majelis Kosovo menyatakan kemerdekaannya pada 17 Februari 2008, sementara Serbia mengklaimnya sebagai wilayahnya yang berdaulat. Kemerdekaan Kosovo diakui oleh 114 negara-negara anggota PBB.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rob Pickard (January 2008). Analysis and Reform of Cultural Heritage Policies in South-East Europe. Council of Europe. hlm. 67. ISBN 978-92-871-6265-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]