Glock GmbH.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Glock GmbH.
GmbH.
IndustriIndustri senjata
Didirikan1963[1]
Kantor
pusat
,
Tokoh
kunci
Gaston Glock, Pendiri & Direktur Eksekutif
ProdukPistols
Pisau
Peralatan entrenchings
Pakaian
Karyawan
~ 300
Situs webwww.glock.com

Glock GmbH. (dengan merek dagang GLOCK) adalah produsen senjata yang memiliki kantor pusat di Austria. Dinamai sesuai dengan nama pendirinya, Gaston Glock. Sementara perusahaan yang terkenal karena memproduksi pistol berbingkai bahan polymer ringan, itu juga menghasilkan pisau lapangan, peralatan entrenching dan pakaian.

Pistol Glock digunakan oleh angkatan bersenjata dan lembaga penegak hukum di seluruh dunia, termasuk sebagian besar lembaga penegak hukum di Amerika Serikat [2] . Pistol Glock juga sangat populer digunakan oleh masyarakat luas untuk perlindungan pribadi dan latihan menembak, serta oleh perusahaan yang mensponsori kompetisi menembak beregu yang diadakan di seluruh dunia [3]. Pada tahun 2007, Glock menghasilkan lebih dari dua lusin model pistol kaliber yang berbeda dengan tiga dan tujuh kartrid yang berbeda [4][5].

Sejarah kelam[sunting | sunting sumber]

Perusahaan Glock telah menjadi target skema penggelapan yang melibatkan beberapa perwira tinggi dari perusahaan atau orang lain yang terkait erat dengan perusahaan tersebut. Pada tahun 1999, Charles Ewert mencoba untuk membunuh Gaston Glock setelah Glock meminta pertemuan mengenai tuduhan penggelapan. Ewert dihukum karena percobaan pembunuhan bersama dengan kaki tangannya atas keterlibatan tersebut [6]. Pada tahun 2012, Paul Jannuzzo, mantan CEO anak perusahaan AS Glock Inc, didakwa melakukan pemerasan menyangkut keterlibatannya dalam skema penggelapan terhadap perusahaan.

Produk[sunting | sunting sumber]

Pistol[sunting | sunting sumber]

Pistol Glock 22

Pistol Glock adalah senjata yang umum digunakan oleh lembaga penegak hukum dan organisasi militer di seluruh dunia. Popularitas pistol Glock dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor. Sangat handal, mampu berfungsi di bawah kondisi ekstrem dan dapat ditembakkan menggunakan berbagai jenis amunisi (9mm, 10mm, .40 S&W, .45 ACP, .45 GAP, .357 SIG, .380 ACP, konversi kit pihak ketiga yang tersedia untuk .22 LR dan .50 GI). Kesederhanaan desain pistol Glock merupakan kontribusi utama untuk kehandalan ini, karena mengandung jumlah komponen yang relatif kecil (hampir setengah dari jumlah komponen pistol lainnya) membuat perawatan dan perbaikannya menjadi lebih mudah.

Dengan rangka berbahan dasar polimer membuat pistol tersebut menjadi jauh lebih ringan dari baja atau aluminium yang menjadi ciri khas rangka pistol-pistol keluaran pabrik lain. Hal tersebut menjadi fitur yang menarik bagi para perwira polisi maupun warga biasa yang membawa senjata api dalam waktu yang lama. Pemicunya adalah elemen pengoperasiannya saja; ketiga mekanisme pengamanan pistol tersebut dinonaktifkan saat pelatuk ditarik, dan secara otomatis diaktifkan ketika dilepaskan. Pistol Glock tidak memiliki mekanisme pengaman manual lainnya (seperti beberapa merek lain yang memiliki tuas atau tombol), satu-satunya kontrol eksternal selain dari pelatuk itu sendiri adalah pelepasan slide dan pelepasan magazen. Hal ini menambah kesederhanaan penggunaan dan menghilangkan sumber potensial kesalahan saat mengoperasikan pistol dalam kondisi bertekanan tinggi (situasi bahaya). Hal ini juga memberikan keseimbangan yang sangat baik ketika pistol berada dalam kondisi magazen penuh. Sebagian besar komponen baja dalam pistol Glock diperlakukan dengan proses nitriding yang disebut "Tenifer",[7] yang meningkatkan kekerasan permukaan dan membuat pistol itu tahan terhadap korosi dan keausan.

Meskipun Heckler & Koch VP70 adalah pistol dengan rangka polimer pertama yang diproduksi 12 tahun lebih awal dari pistol Glock 17, popularitas pistol Glock-lah yang menginspirasi produsen lain untuk memulai produksi senjata api sejenis berbahan rangka polimer, termasuk didalamnya pistol Walther P99, Pistol Sigma produksi Smith & Wesson, senapan HS2000 (Springfield Armory XD), senapan Steyr M, pistol Taurus PT 24/7, pistol Caracal, pistol FN Herstal FNP dan pistol Ruger SR9. Pistol Glocks cenderung berada di tengah-tengah dari kisaran harga untuk kualitas dari pistol-pistol sejenis: umumnya lebih murah daripada sejenis pistol SIG Sauer P226 maupun model pistol USP keluaran pabrik senjata Heckler & Koch, tetapi lebih mahal daripada pistol jenis Ruger atau pistol model Taurus.

Selain pistol semi otomatis, Glock juga memproduksi pistol dengan pilihan cara tembak, Glock 18, yang dapat ditembakkan baik dalam mode semi-otomatis atau otomatis penuh. Model ini umumnya hanya tersedia untuk digunakan oleh penegak hukum ataupun organisasi militer.

Pisau[sunting | sunting sumber]

Pisau Feldmesser FM 78

Perusahaan Glock saat ini memproduksi dua model pisau, Feldmesser 78 (Pisau lapangan) dan Feldmesser 81 (Pisau survival).

Pisau Feldmesser 78 adalah pisau jenis klasik, dengan panjang bilah 165 mm (6,5 in) dan panjang keseluruhan 290 mm (11 in). Sedangkan pisau Feldmesser 81 memiliki dimensi keseluruhan yang sama dengan Feldmesser 78 namun dengan tambahan gergaji di bagian belakang pisau. Pisau Feldmesser 78 berbobot 206 g (7.3 oz) sedangkan pisau Feldmesser 81 berbobot 202 g (7.1 oz).

Grips dan sarung pisau terbuat dari polimer dan tersedia dalam tiga warna, yaitu warna zaitun pudar, warna pasir, dan warna hitam [8].

Peralatan penggalian parit pertahanan[sunting | sunting sumber]

Sekop Feldspaten

Perusahaan Glock juga memproduksi peralatan entrenching, berupa sekop lapangan (bahasa Inggris: Feldspaten) yang biasa digunakan untuk menggali parit pertahanan disaat terjadi perang.

Sekop feldspaten ini memiliki mata sekop yang dapat dilipat dan dikunci pada 3 posisi, yaitu posisi menyekop, menggali dan memotong. Gagang sekop teleskopik terbuat dari fiber glass yang diperkuat dengan serat nylon.

Alat ini memiliki berat 650 g (23 oz) dengan panjang 630 mm (25 in), dimana dapat dapat diperpendek menjadi hanya 260 mm untuk kemudahan transportasi [9]. Dilengkapi dengan kantung penyimpanan yang terbuat dari nylon yang dapat digantungkan pada ikat pinggang, kopelrim ataupun tas punggung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.businessweek.com. "Glock Company Timeline". Diakses tanggal 2010-03-21. 
  2. ^ Ayoob, Massad (May 2004), "The Glock. Tips for selling more of this hot seller", Shooting Industry, diakses tanggal 2 December 2009 
  3. ^ TEAM GLOCK (10 August 2007). Team GLOCK Shooting Squad preserves their winning streak with multiple victories. Siaran pers. Diakses pada 02 December 2009.
  4. ^ Dockery, Kevin (2007). Future Weapons. Berkeley Trade. hlm. 158–159. ISBN 978-0-425-21750-4. 
  5. ^ Hartink, A.E. (2002). The Complete Encyclopedia of Pistols and Revolvers. Edison, New Jersey: Chartwell Books, Inc. hlm. 149–156. ISBN 978-0-7858-1519-8. 
  6. ^ "Inside the secret and violent world of Gaston Glock, maker of the most popular firearm in U.S. law enforcement." Forbes. 2003-03-31. Diakses tanggal March 8, 2012. 
  7. ^ "GLOCK". Glock.com. Diakses tanggal 2008-11-27. 
  8. ^ Glock. "Outdoor knives product page". Diakses tanggal 2007-09-26. 
  9. ^ Glock entrenching tool

Pranala luar[sunting | sunting sumber]