Gletser Hintertux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah piste di Gletser Hintertux ( Tuxerfernerhang )

Glacier Hintertux (Jerman: Hintertuxer Gletscher) adalah gletser yang terletak di puncak Tuxertal, sebuah lembah di sisi Zillertal di negara bagian Tyrol Austria. Gletser ini juga dikenal sebagai Gefrorene-Wand-Kees dan Tuxer Ferner, serta Riepenkees. Gletser ini dapat diakses melalui gondola dan lift kursi, dan merupakan salah satu dari hanya dua resor ski di dunia yang menawarkan ski sepanjang tahun (yang lainnya adalah Zermatt di Swiss). Kawasan ski mencapai titik tertinggi ketinggian 3.250 m di pelana antara puncak Gefrorene-Wand-Spitzen. Gletser Hintertux populer di Austria dan terbuka sepanjang tahun dengan kegiatan ski di musim dingin dan hiking di musim panas.

Es[sunting | sunting sumber]

pemandangan di Hintertux yang menampilkan rute ski Lärmstange.

Glacier Hintertux memiliki ketebalan yang dapat mencapai 120 meter (390 ft) dan panjang sekitar 4 km (2,5 mi), namun panjangnya dapat berubah hingga 40 meter (130 ft) setiap tahunnya. Dikarenakan itu Lift harus dipindahkan beberapa kali dalam setahun agar tiangnya tetap vertikal karena perubahan tersebut. Gletser ini memiliki sekitar 190 juta meter kubik es.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Gletser Hintertux menawarkan kegiatan ski sepanjang tahun. Karena ketinggiannya yang tinggi, biasanya terdapat kondisi salju yang baik sehingga hampir semua piste dan lift dapat tetap beroperasi. Kawasan ski di gletser ini memiliki sekolah ski tersendiri untuk pemula maupun peserta yang sudah mahir dalam bermain ski.

Glacier Hintertux bukan hanya tempat olahraga musim dingin tetapi juga menawarkan pemandangan pegunungan Alpen yang indah dari ketinggian kurang dari 3.250 m. Wilayah ini sangat cocok untuk aktivitas mendaki gunung dan terdapat banyak pondok Alpine yang tersedia, beberapa di antaranya dikelola sepanjang tahun. Salah satu pondok yang bisa ditemukan di daerah ini adalah Spannagelhaus yang terletak di dekat monumen alam Gua Spannagel. Gua Spannagel adalah sistem gua terbesar di Pegunungan Alpen Tengah Austria dengan panjang lebih dari 10 km. Pintu masuk gua berada tepat di sebelah Spannagelhaus.

Di Gletser Hintertux, pengunjung juga dapat melihat crevasse - Natural Ice Palace (Natur Eis Palast). Pintu masuknya berada tepat di atas stasiun puncak pada lift Gletscherbus 3. Pengunjung dapat menuruni sekitar 25 meter ke dalam es dengan menggunakan kombinasi tangga dan anak tangga.

Lift dan kereta gantung[sunting | sunting sumber]

Gletser Hintertux dilengkapi dengan tiga lift gondola besar tipe Funitel yang disebut Gletscherbusse, masing-masing dapat mengangkut 24 orang untuk mengakomodasi pengunjung dalam jumlah besar. Gletscherbus 1 dibuka pada musim dingin 2008/2009, menggantikan gondola 4 orang yang lebih tua dan lift gondola 8 orang yang masih beroperasi untuk mengangkut orang ke Sommerbergalm. Untuk memastikan operasi sepanjang tahun, setiap bagian pengumpan dari stasiun lembah ke Gefrorene Wand dilengkapi dengan 2 jalur kabel. Terdapat 18 lift yang tersedia untuk mengangkut pengunjung dari stasiun lembah Hintertux (Talstation Hintertux, 1500 m) ke gletser. Pengunjung juga dapat menikmati panorama 360 derajat dari beberapa kereta gantung "Gletscherbus" pada ketinggian 3033 m dan 2660 m.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lift gondola di gletser Hintertux
Pemandangan Gletser Hintertux
Pemandangan panorama Hintertux Glacier dari Gefrorenen Wand (Feb 2007)
Pemandangan panorama dari Gletscher Hut (Feb 2009)

Link eksternal[sunting | sunting sumber]