Glenn Doman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gleen Doman

Gleen Doman adalah seorang tokoh yang dikenal dunia karena telah mengkaji fungsi dan perkembangan otak serta kecerdasan anak. Pada tahun 1938 ia belajar di Drexel Institute, kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Pennsylvania School of Physical Therapy pada tahun 1965. Penghargaan diberikan padanya pada tahun 1969 atas prestasinya sebagai perseptor dalam bidang pengembangan kecerdasan manusia.

Doman menghabiskan waktunya untuk meneliti segala sesuatu yang berhubungan dengan anak anak selam 30 tahun. Ia juga mempelopori dan sekaligus menjabat sebagai direktur Institute For Achievement of Human Potential yaitu suatu institusi yang bergerak dari tahun 1955 - 1981 khusus menangani upaya pencapaian potensi yang dimiliki setiap diri manusia. Selain itu Doman dikenal sebagai pencetus rumusan metode "Doman-Delacato", yaitu suatu metode treatment yang digunakan bagi anak anak yang mengalami gangguan syaraf (neurologis).[1]

Selama periode 1960-an metode treatmen sangat terkenal. teori ini menekankan bahwa perkembangan individual dalam mobilitas, visi, audisi, dan bahasa, mengikuti tahap tahap neurologis spesifik yang berkorelasi dengan perkembangan (kemajuan otomatis). Penelitian Gleen yang sudah di publikasikan antara lain: How to Teach Your baby to Read, buku ini tersedia dalam 15 bahasa; ada beberapa buku mengenai anak anak, Nose Is Not Toes; What to Do About Your Brain Injured Child; dan How to Multiply Your baby's Intelligence.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BAIHAQI, MIF (2014). Ensiklopedia Tokoh Pendidikan Luar Biasa. bandung: nuansa cendekia. hlm. 146. ISBN 9786028395755.